FLIPPED CLASSROOM DAN APLIKASI SCHOOLOGY: ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI

Authors

  • Fitria Febri Arianti IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Sutrimah Sutrimah IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro (Scopus id: 57205056590), Indonesia http://orcid.org/0000-0002-7440-103X

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2591

Keywords:

Flipped Classroom, Aplikasi Schoology, Teks Biografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks biografi yang ditulis oleh siswa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem dengan menggunakan flipped classroom dan aplikasi schoology. penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan jumlah subjek 22 siswa. Dari 22 siswa kemdian peneliti mengambil 4 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks biografi sesuai dengan indikator. Teknik pengumplan data menggunakan observasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divaliditaskan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode contact analysis yang dimulai dari 1). reduksi data, 2). penyajian data, 3). penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks biografi yang ditulis oleh siswa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem sesuai dengan pedoman buku siswa bahasa Indonesia SMA/MA/SMK revisi 2017 dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah flipped classroom dan aplikasi schoology sangat tepat digunakan karena dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, dan memberi pemahaman siswa jika situs online bisa digunakan sebagai pembelajaran yang menarik.

References

Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13-29. https://www.neliti.com/publications/221167/penerapan-media-e-learning-berbasis-schoology-untuk-meningkatkan-aktivitas-dan-h

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Ario, M. dan Azra, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 83-88. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/2477

Azis, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Biografi Melalui Metode the Learning Cell pada Kelas VIIID SMP Negeri 6 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal pendidikan pepatudzu, 14(2), 97-106. http://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/pepatudzu/article/view/195

Fajri, M. I., Asri, Y., & Afnita. (2018). Pengaruh Teknik Copy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X MAN 1 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 158-162. http://103.216.87.80/index.php/pbs/article/view/100726

Farida, R., Alba, A., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Taksonomi Bloom pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 109-121. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/1809

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A. (2019). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal pendidikan edutama, 4(1), 31-36. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/364

Kusumantara, K. S., Santyadiputra, G. S., & Sugihartono, N. (2017). Pengaruh E-learning Schoology terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital dengan Model Pembelajaran Savi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2), 126-135. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/10387

Latifah, S., & Utami Ardini. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Jurnal Science and Mathematics education, 02(1), 36-45. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/3924

Moleong. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Navia, Y., Asri Y., & Afnita. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 431-439. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/100767

Prasetyo, E. (2017). Sistem Informasi Dokumentasi dan Kearsipan Berbasis Client-server pada Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu. Jurnal Teknik Informasi Politentik Sekayu, 7(2), 1-10. http://jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/view/101

Prayitno, E., & Masduki, L. R. (2016). Pengembangan Media Blended Learning dengan Model Flipped Classroom pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 121-126. http://103.98.176.9/index.php/JIPMat/article/view/1238

Puspitasari, P. D., Suwandi, S. & Suhita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write dalam Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi dengan Media Cetak. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 232-244. https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/37717

Putri, N. W. M. A., Jampel, N., & Suartama, I, K. (2014). Pengembangane-Learning Berbasis Schoology pada Mata pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1-11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3796

Rizki, D., & Lubis, F. (2020). Pengaruh Teknik Peer-correction terhadap Kemampan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jurnal Sastra, 9(1), 45-54. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/18334

Saddhono, K., Hasanudin, C., Fitrianingsih, A. (2019). The Ability to Think Creatively on SSCS using Schoology Apps, How is the Student Language Metacognitive Awareness? Ingnierie Des Systmes Information, 24(4), 367-375. https://doi.org/10.18280/isi.240402.

Sari, S. D., Utami, A. S., & Sunaryo, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi melalui Model Think Talk Write pada Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMA N 09 Malang. PBSI, 7(1), 65-76. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/7431

Siregar, R. S., Harahap, M, S., & Elindra, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Mathedu, 2(3), 49-57. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1053

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepblish

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuanlitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suherli. Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wayan, N. S. (2019). Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Ulang Biografi Karya Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling IKIP PGRI Bali. Jurnal Pendidikan. 20 (2), 270-277. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/502

Yani, M., Martono., & Ramdani, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Biografi Model Project Based Learning Siswa SMP Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(1), 1-12. https://core.ac.uk/download/pdf/289715521.pdf

Downloads

Published

2021-03-08

How to Cite

Arianti, F. F., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2021). FLIPPED CLASSROOM DAN APLIKASI SCHOOLOGY: ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 165–186. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2591

Issue

Section

Articles

Citation Check