ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA

Authors

  • Agus Yulianto SMK Wikarya Karanganyar, Indonesia
  • Iis Nuryati SMP IT Insan Kamil Karanganyar, Indonesia
  • Afrizal Mufti IAIN Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i1.2596

Keywords:

Pendidikan Karakter, Novel, Sosiologi

Abstract

Character education is the most important asset in human life to shape the character of students. Character values in a novel's literary work can be used to shape the character of students. This study aims to analyze the values of character education in the novel Rumah Tanpa Jendela by Asma Nadia. This research is a qualitative research using descriptive analysis method. Data analysis techniques are carried out through data interpretation, reading the entire data, analyzing in more detail, applying the coding process to be described, restating in the narrative, and interpreting or interpreting data. The results of this study are the values of character education contained in the novel "House without Window" by Asma Nadia, namely religious, hard work, fond of reading, friendly, and responsible.

Pendidikan karakter merupakan aset terpenting dalam kehidupan manusia untuk membentuk karakter peserta didik.  Nilai-nilai karakter dalam karya sastra sebuah novel dapat digunakan untuk membentuk karakter peserta didik. Karena pendidikan saat ini lebih cenderung pada ranah akademik atau kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan sosiologi sastra serta teknik analisis isi. Teknik analisis data dengan menginterpretasikan data, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih detail, menerapkan proses koding untuk dideskripsikan, menyajikan kembali dalam narasi, dan menginterpretasikan atau memaknai data. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asmanadia yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yaitu religius, kerja keras, gemar membaca, bersahabat, dan tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Basrowi, S. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Zuriah Sosiologi Sastra. Yogyakarta: caps.

Ferbriana, Noni., Thahar, H.E., E. (2014). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rantau Satu Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Sosiologi Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 2(3).

Herlina, Herman J. Waluyo, N. (2013). Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asmanadia (Kajian Sosiologi Sastra, Resepsi Pembaca, dan Nilai Pendidikan). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 85–96.

Mawardi, L. (2008). Evaluasi Nilai Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nadia, A. (2017). Rumah Tanpa Jendela. Jakarta: Republika.

Nurhayati, G. (2012). Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Cakrawala Media.

Nyoman Kutha, R. (2012). Teori Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samani, Muchlas., H. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanti, M. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Nazar-Nazar Jiwa Karya Budi Sulistyo En- Nafi ’. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 274–282.

Wiyatmi. (2004). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: FBS UNY.

Yufarlina, Rosita. F., Achsani, F. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Novel Cinta 2 Kodi Karya Asma Nadia. Jurnal Alayasastra. Alayasastra, 14(1).

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: kencana Prenada Media Group.

Zuriah, N. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-08-09

How to Cite

Yulianto, A., Nuryati, I., & Mufti, A. (2020). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 110–124. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i1.2596

Issue

Section

Articles

Citation Check