PARAMETER TINDAK TUTUR SANTRI DAN USTAZAH PADA PEMBELAJARAN KITAB AMSILATI DI PESANTREN DARUSSALAM

Authors

  • Aulia Normalita Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2612

Keywords:

tindak tutur, santri dan ustazah, Kitab Amsilati.

Abstract

Bentuk kesantunan berbahasa secara verbal ditemukan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan parameter tindak tutur santri dan ustazah  pada pembelajaran Amsilati di Pesantren Darussalam dengan menggunakan teori Grice. Data diambil dari tuturan santri dan ustazah pada saat pembelajaran Amsilati berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode deskripstif kualitatif dengan teknik observasi. Adapun pengumpulan data melalui pengamatan, penglihatan, pendengaran dan terlibat secara langsung dengan  penutur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (2) data berbentuk pelanggaran maksim kuantitas, (1) data mematuhi maksim kuantitas. (1) data pelanggaran maksim kualitas, dan (1) data mematuhi maksim kualitas. Kemudian (1) data mematuhi maksim relevansi, dan (1) data terakhir berupa pelanggaran maksim pelaksanaan. Hal tersebut menunjukkan lebih banyak pelanggaran yang dilakukan dari pada mematuhi prinsip kerja sama Grice.

References

Anita, Nur dkk. Komunikasi Interpersonal Ustad dan Ustazah dalam Proses Membimbing Santri Upaya Memberikan Pemahaman Agama Pada Anak di TPA Al- Mukhayyarah. Jurnal Al-Bayan Vol. 23 No. 2 Juli Desember 2017 (hal: 299).

Budiwarti Tri Rina. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan Dosen Universitas Ahmad Dahlan: Analisis Pragmatik. [Jurnal]. Yogyakarta: The 5th Urecol Proceding, 2017.

Cahyaningrum, Fitria. dkk. Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Kelas Di Sekolah Menengah Atas Berlatar Bahasa Jawa. Jurnal Gramatika ISSN: 2442-8485 E-ISSN: 2460-6316 (hal: 72).

Cahyaningrum, Fitria dkk. Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Konteks Negosiasi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pena Indonesia, 2018. 1 : Vol. 4.

Dari, Ayu Wulan dkk. Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Pembelajaran Kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Korpus, Volume I, Nomor I, Agustus 2017(Hal: 11).

Dewi, Luthfi Puspita. 2019. Peran Dukungan Sosial Ustazah dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Akademik Santriwati. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta Prodi Psikologi. Fakultas Psikologi.

Elvita Yenni Yusriati, Ambar Wulan Sari. Pola Pengajaran Kesantunan Berbahasa Anak di Lingkungan Keluarga.: Jurnal Tarbiyah , 2018. -1:Vol. 25.

Fakhrurrazi. Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir Vol. XI No. 1 Juni 2018 (hal: 88).

Febriasari, Diani dan Wenny Wijayanti. Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo Vol. 2 No. 1 Oktober 2018 (Hal: 142)

Fikri, Wahyu Najib. Implementasi Metode Amsilati dalam Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 4, No. 2, Juli Desember 2018 (Hal: 128).

Gunawan Fahmi Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen di STAIN Kendari Kajian Pragmatik . -Kendari : Journal Arbitrer, 2013. - Vol. 1.

Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Metode Praktis Mendalami Al Quran dan Membaca Kitab Kuning) Jilid 1. Jepara: Al Falah Offset.

Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Metode Praktis Mendalami Al Quran dan Membaca Kitab Kuning) Jilid 2. Jepara: Al Falah Offset.

Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Metode Praktis Mendalami Al Quran dan Membaca Kitab Kuning) Jilid 3. Jepara: Al Falah Offset.

Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Metode Praktis Mendalami Al Quran dan Membaca Kitab Kuning) Jilid 4. Jepara: Al Falah Offset.

Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Metode Praktis Mendalami Al Quran dan Membaca Kitab Kuning) Jilid 5. Jepara: Al Falah Offset.

Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Khulasoh). Jepara: Al Falah Offset.

Hanani, Nurul. Manajemen Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning. Realita Volume 15, No. 2 Tahun 2017 (hal: 3).

Hidayah, Basyhirotul. Penerapan Metode Amsilati dalam Penguasaan Kitab Kuning Di Pesantren Putri Al AmanahTambakberas Jombang. Mur: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2, Nomor 2, September 2018 (Hal: 225).

Kuntarto, Eko dan Abdoel Ghafar. Manifestasi Prinsip kesantunan, Prinsip Kerja sama, dan Implikatur Percakapan pada Interaksi di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.16 No.3 Tahun 2016(Hal : 35).

Malik, Bin Abdullah. 1408. Nadzaman Khulasoh Alfiyah Ibnu Malik. Semarang: Pustaka Alawiyah.

Maulidi, Ahmad Kesantunan Berbahasa pada Media Jejaring Sosial Facebook. : e-Jurnal Bahasantodea, 2015. - Nomor 4 : Vol. Volume 3.

Muhamkamurrohmah Ahmad Pesantren: Santri, Kiai, dan Tradisi : Jurnal Ibda', 2015. - Vol. 12.

Normalita, Aulia dan Wahyu Oktavia. Komunikasi Multilingual pada Komunitas Santri Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam Di Kartasura. Jurnal IMAJERI Vol. 02, No. 1, pp. 24-31; September 2019(hal: 25).

Nurjamily Wa Orde Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Lingkungan Keluarga (Kajian Sosiopragmatik) [Jurnal]. - [s.l.] : Jurnal Humanika, 2015. -Vol. 3.

Rahardi Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Erlangga.

Rahmawati, Ana Trisya. Pola Komunikasi Santri terhadap Kiai: Studi atas Alumni Pondok Modern dan Alumni Pondok Salaf. Academica - Vol. 1 No. 1, Januari - Juni 2017(hal: 4).

Rasyidin, Al. Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Musthafawiyah, Mandailing Natal. Journal Of Contemporary Islam And Muslim Societies. Vol.1 No.1 Januari-Juni2017 (hal: 42).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bangdung: Alfabeta.

Sonhaji. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2 November 2014 (hal: 31).

Zuhdiyah. Pendekatan Terpadu dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Banyuasin III. Intizar, Vol. 19, No. 1, 2013 (hal: 193).

Zuhriyah Dwi Kurniasih dan Siti Aminataz Alih Kode dan Campur Kode di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam [Jurnal]. - surakarta : journal Indonesian Language education and literature, 2017. - Vol. 3.

Downloads

Published

2021-03-08

How to Cite

Normalita, A. . (2021). PARAMETER TINDAK TUTUR SANTRI DAN USTAZAH PADA PEMBELAJARAN KITAB AMSILATI DI PESANTREN DARUSSALAM. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 211–228. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2612

Issue

Section

Articles

Citation Check