SEMIOTIK ROLAND BARTHES PADA CERPEN TUNAS KARYA EKO TUNAS DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2648Keywords:
Cerpen, Semiotik, TunasAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dari tulisan ini adalah mengetahui tanda kode semiotik yang dikemukakan oleh Roland Barthes pada kumpulan cerpen karya Eko Tunas. Cerpen karya Eko Tunas sarat akan penggunaan kode-kode yang berupa kode teka-teki, kode konotasi, kode simbolik, kode aksian dan kode budaya. Teori mengenai semiotik dapat diimplikkasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI di SMA pada KD 3.8 dan 4.8. cerpen yang diteliti meliputi 21 judul. Keduapuluh satu cerpen dianalisis secara semiotik untuk dapat mengetahui kode. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah deksriptif kualitatif yang memaparkan tulisan berdasarkan isi karya sastra, teknik pengumpulan data dengan metode membaca dan mencatat, teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerpen yang ditulis Eko Tunas mempunyai tanda semiotik yang meliputi 5 kode. Jumlah data mencapai 60 data.
Downloads
References
Ahmad Abdun Syakur, R. M. (2018). Text of Cigarette Advertisement: A Semiology Study of Roland Barthes.International Journal of Linguistics, Literature and Culture, IV(3), 72-79.
Anri Barkah, A. K. (2016). Analisis Struktural Semiotik pada Makna Puisi Karya Siswa SD Negeri 1 Mekarharia Banjar.
Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.Astika,
I. M. (2014). Cerpen “Kisah Pilot Bejo” Karya Budi Darma (Analisis Semiotika Roland Barthes).PRASI, 9(18), 15-28.
Friska Dewi Yuliyanti, A. B. (2017). Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Televisi Pond’s Men #Lelakimasakini(Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Representasi Maskulinitas).Jurnal Komunikasi, 9(1), 16-30.
Lina Meriaty Simbolon, B. A. (2019). The Study of Semiotics In Cinta Di Dalam Gelas Novel By Andrea Hirata As Literature Reading Material In Senior High Schools.Internasional Journal of Education, Learning and Development, 7(5), 21-34.
Pradopo, R. D. (1995). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustakapelajar.
Purba, A. (2010). Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Putu Krisdiana Nara Kusuma, I. K. (2017). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Ritual Otonan di Bali.Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 195-2017.
Saptawuryandari, N. (2013). Analisis Semiotik Puisi Chairil Anwar. Kandai, 9(1), 95-104.
Sinta Rizki Haryono, D. K. (2017). Identitas Budaya Indonesia: Analisis Semiotika Roland Barthes. Acta diurna, 13(2), 67- 88.
Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.
Tunas, Eko.(2013). TUNAS. Tegal: Cresindo.Vered Tohar, M. A. (2007). An Alternative Approach For Personal Narrative Interpretation: The Semiotics of Roland Barthes. International Journal of Qualitative Methods, IV(3), 57-70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License