KENDALA LITERASI BACA TULIS SEBAGAI IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI NASIONAL DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN BUN
DOI:
https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685Keywords:
GLN, Literasi Baca Tulis, PendidikanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realisasi literasi baca-tulis dan kendala yang dihadapi siswa, guru atau sekolah dalam melakukan literasi baca-tulis di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPS 2 SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, Guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Sedangkan objek penelitian ini adalah literasi baca-tulis di SMA Negeri 1 Pangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Data dianalisis melalui dua cara, yaitu menggunakan metode agih dan metode padan. Penelitian ini menggunakan triangulasi teori, yakni mengecek kembali validitas data penelitian dengan teori-teori terkait yang sudah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi siswa di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun dalam melakukan literasi baca-tulis adalah: 1. Guru terkadang tidak mendampingi siswa saat melakukan literasi, 2. Mengganggu daya ingat siswa untuk persiapan ulangan harian, 3. Sulit dalam memahami isi buku, 4. Teman mengganggu saat melakukan literasi, 5. Tidak membawa buku saat melakukan literasi, 6. Tidak ada pembaharuan buku di pojok literasi. Kendala yang dihadapi guru adalah: 1. Siswa sibuk mempelajari materi ulangan harian, 2. Siswa asik mengobrol dengan teman, 3. Kegiatan literasi tidak akan berjalan apabila tidak didampingi oleh guru. Kendala yang dihadapi sekolah adalah: 1. Minimnya buku literasi di perpustakaan sekolah 2. Siswa tidak akan melakukan literasi apabila tidak didampingi oleh guru.
Downloads
References
Hasanudin,C., Arianti, F. F., dan Sutrimah. 2020. “Flipped Classroom Dan Aplikasi Schoology: Analisis Keterampilan Menulis Teks Biografi”. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya 1(2), 166-186.
Gunatama, G., Suandewi, Ida Bagus Putrayasa. 2019. “Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 DenpasAR”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni. 9 (2), 265-274.
Nopilda, Lisa dan Muhammad Kristiawan. 2018. “Rakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke-21”. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 3(2), 216-231.
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yoggyakarta: BPFE.Saryono, Djoko, dkk. 2017. “Materi Pendukung Buku Literasi Baca Tulis”. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, 1-31.
Setiawan, K., & Zyuliantina, W. (2020). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada status dan komentar di facebook. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 96- 109.
Wulanjani, Arum Nisma dan Candradewi Wahyu Anggraeni. 2019. “Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar”. Proceeding of Biology Education 3(1), 26-3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License