KENDALA LITERASI BACA TULIS SEBAGAI IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI NASIONAL DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN BUN

Authors

  • Cidenty Dea Crismonia Dwijayati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Laili Etika Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685

Keywords:

GLN, Literasi Baca Tulis, Pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realisasi literasi baca-tulis dan kendala yang dihadapi siswa, guru atau sekolah dalam melakukan literasi baca-tulis di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPS 2 SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, Guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Sedangkan objek penelitian ini adalah literasi baca-tulis di SMA Negeri 1 Pangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Data dianalisis melalui dua cara, yaitu menggunakan metode agih dan metode padan. Penelitian ini menggunakan triangulasi teori, yakni mengecek kembali validitas data penelitian dengan teori-teori terkait yang sudah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi siswa di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun  dalam melakukan literasi baca-tulis adalah: 1. Guru terkadang tidak mendampingi siswa saat melakukan literasi, 2. Mengganggu daya ingat siswa untuk persiapan ulangan harian, 3. Sulit dalam memahami isi buku, 4. Teman mengganggu saat melakukan literasi, 5. Tidak membawa buku saat melakukan literasi, 6. Tidak ada pembaharuan buku di pojok literasi. Kendala yang dihadapi guru adalah: 1. Siswa sibuk mempelajari materi ulangan harian, 2. Siswa asik mengobrol dengan teman, 3. Kegiatan literasi tidak akan berjalan apabila tidak didampingi oleh guru. Kendala yang dihadapi sekolah adalah: 1. Minimnya buku literasi di perpustakaan sekolah 2. Siswa tidak akan melakukan literasi apabila tidak didampingi oleh guru.

References

Hasanudin,C., Arianti, F. F., dan Sutrimah. 2020. “Flipped Classroom Dan Aplikasi Schoology: Analisis Keterampilan Menulis Teks Biografi”. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya 1(2), 166-186.

Gunatama, G., Suandewi, Ida Bagus Putrayasa. 2019. “Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 DenpasAR”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni. 9 (2), 265-274.

Nopilda, Lisa dan Muhammad Kristiawan. 2018. “Rakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke-21”. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 3(2), 216-231.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yoggyakarta: BPFE.Saryono, Djoko, dkk. 2017. “Materi Pendukung Buku Literasi Baca Tulis”. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, 1-31.

Setiawan, K., & Zyuliantina, W. (2020). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada status dan komentar di facebook. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 96- 109.

Wulanjani, Arum Nisma dan Candradewi Wahyu Anggraeni. 2019. “Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar”. Proceeding of Biology Education 3(1), 26-3.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). KENDALA LITERASI BACA TULIS SEBAGAI IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI NASIONAL DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN BUN. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685

Issue

Section

Articles

Citation Check