DEIKSIS PADA KUMPULAN IKLAN PROVIDER 2019

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2690

Keywords:

Deiksis, Iklan, Provider

Abstract

Penelitian ini membahas tentang deiksis dalam Kumpulan Iklan Provider 2019 . Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan deiksis yang terdapat pada provider telkomsel, XL, dan Smartfren. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis isi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat atau ungkapan pada iklan 1) Taktik My Telkomsel Tragedi Ditengah Antri 2) Jadi  Berasa Xtra dengan Paket XL Xtra Combo VIP 3) Kata Hati Eps. 1 XL Present 4) Jadi Menang Menang dan Dapat Uang Jutaan Rupiah XL Xtravaganza 5) Uji Jaringan Telkomsel di Tol Jakarta-Cikampek II Elevated 6) Telkomsel 5G for Industry 4.0: Advancing The Nation, Accelerating Innovation 7) Telkomsel OMG! – Menjangkau Jarak dengan Konektivitas Tanpa Batas 8) Bagusnya 4G telkomsel : Menangkal Berita Hoax 9) Mudahnya Pindah ke Bagusnya 4G telkomsel 10) Pemenang Hadiah RUMAH – Program Undian smartWOW Tahap 2 11) Pemenang Hadiah Grand Prize – Program Undian smartWOW Tahap 2 (Mobil dan Vespa) 12) Dear Future Indonesia Kuota Suaramu Kuotakan Maumu Harapan Kalian Untuk Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumentasi atau kajian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menemukan 75 kata yang mengandung bentuk deiksis persona, 23 kata yang mengandung jenis deiksis tempat, dan 11 bentuk kata yang mengandung jenis deiksis waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Faqih Muhammad Syifa, Universitas Muhammadiyah Tangerang

UNversitas Muhammadiyah Tangerang

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Alwi, dkk. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Aziz, Abdul Malik. (2019). Penggabungan Dua Koneksi Internet Service Provider Dengan Teknik Load Balancing Menggunakan Metode Equal Cost Multi Path. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Lampung: Edupustaka

Jaiz, Muhammad. (2014). Dasar-Dasar periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kriyantono, Racmat. (2013). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktek. Malang: Tim UB Pres

Laksana, Tri Ginanjar.(2017). Analisa Pola Pemilihan Provider Telekomunikasi Berdasarkan Pekerjaan Dengan Algoritma Klustering K-Means. Program Studi Informatika. Purwokerto: Sekolah Tinggi Tele Purwokerto.

Sudrayat, Yayat. (2014). Makna Dalam Wacana. Bandung: CV Yrama Widya

Sulaeman, A & Goziyah. (2019). Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra. Jakarta: EDU PUSTAKA

Sunarto. (2006). Teknologi Informasi dan Komunikasi IX. Jakarta: PT Grasindo

Yule, George (2015). Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yule, George. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Syifa, F. M. (2021). DEIKSIS PADA KUMPULAN IKLAN PROVIDER 2019. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2690

Issue

Section

Articles

Citation Check