PENDIDIKAN KARAKTER KUMPULAN CERPEN TRANSIT KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DAN IMPLIKASINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2691

Keywords:

pendidikan karakter, cerpen, implikasi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Transit Karya Seno Gumira Ajidarma dan Implikasinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen Transit karya Seno Gumira Ajidarma berupa nilai karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, gotong royong dan diimplikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan psikologi sastra menggunakan metode analisis isi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat atau ungkapan pada cerpen yang berjudul: 1) Jakarta City Tour, 2) Sepatu Kulit Ular, 3) Segawon, 4) Transit, 5) Gubrak!, 6) Istana Tembok Bolong, 7) Setan Becak, 8) GoKill, 9) Budak Cinta, dan 10) Setan Banteng yang menunjukkan nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menemukan tiga puluh nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen Transit mencakup nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong-royong. Kumpulan cerpen Transit dapat diimplikasikan dan dapat dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester 1 dengan kurikulum 2013 pada KD 3.8.

Author Biography

Innes Amilia Sari, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Innes Amilia Sari lahir di Tangerang 25 Juli 1999. Tinggal di Perumahan Graha Citra Blok C4/14 RT.008/RW.001 Kelurahan Palasari, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.  Pernah menempuh pendidikan di SD Negeri Candu 1, SMP Negeri 1 Legok, SMK Negeri 6 Kabupaten Tangerang dan sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Muhammadiyah Tangerang program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

References

Aminudin. (2015). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Emzir dan Rohman, Salfur. (2016). Teori Dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.

Hudhana, Dwi, Windha. (2018). Metode Penelitian Sastra; Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Samudra Biru.

Kemendikbud. (2017, Juli 17). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.

Samani dan Hariyanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Salahudin, Anas dan Alkrienchiehie, I. (2013). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia.

Sulaeman, A. & Ariyana, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VII SMPN 14 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 17.

Sulaeman, A dan Goziyah. (2019). Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra. Jakarta: Edu Pustaka.

Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra Dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Youpika, Fitra dan Zuchdi D. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun VI, Nomor 1, April 2016, hal 50.

Downloads

Published

2021-03-08

How to Cite

Sari, I. A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER KUMPULAN CERPEN TRANSIT KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DAN IMPLIKASINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 187–210. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2691

Issue

Section

Articles

Citation Check