CAMPUR KODE DALAM NOVEL BIOLA TAK BERDAWAI KARYA SEKAR AYU ASMARA DAN SENO GUMIRA AJIDARMA

Authors

  • Nidaul Khoiriyah Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2697

Keywords:

Campur kode, novel, sosiolinguistik

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini bagaimanakah bentuk-bentuk campur kode dalam novel Biola Tak Berdawai, bagaimanakah fungsi dan faktor penyebab campur kode dalam novel Biola Tak Berdawai, Penelitian ini menggunakan metode kualiatatif dan kajian sosiolinguistik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni teknik dokumentasi dengan cara mengumpulkan data melalui sumber tertulis. Dengan cara penelitian pustaka: membaca, mencatat data dan mengklarifikasi data. Pada penelitian ini terdapat Campur kode dalam Novel Biola Tak Berdawai karya Sekar Ayu Asmara dan Seno Gumira Adjidharma berjumlah 102 data. Campur kode dominan Bahasa Jawa terdapat 80 data, Bahasa Inggris 14 data, bahasa sanskerta 2 data, bahasa arab 3 data, Bahasa gaul 2 data dan Bahasa Perancis 1 data. Campur kode terbanyak yakni berwujud kata, terdapat 77 data yakni 62 data campur kode Bahasa Jawa, 10 data campur kode Bahasa Inggris campur kode bahasa perancis 1. Campur kode klausa terdapat 3 data yakni 2 data bahasa sanskerta, 1 data Bahasa Inggris. Campur kode frasa terdapat 3 data yakni 2 campur kode Bahasa Jawa dan 1 data Bahasa Gaul. Campur kode berwujud idiom terdapat 3 data yakni data campur kode Bahasa Inggris. Campur kode berwujud kata ulang terdapat 12 data yakni data campur kode Bahasa Jawa. Campur kode berwujud baster terdapat 2 data yakni data campur kode Bahasa Jawa. Fungsi yang melatarbelakangi terjadinya campur kode dalam Novel Biola Tak Berdawai karya Sekar Ayu Asmara dan Seno Gumira Adjidharma adalah (1) kebutuhan kosa kata, (2) memudahkan menyampaikan maksud, (3) sudah biasa digunakan pada anak zaman sekarang, (4) hal yang sudah umum dan biasa dikenal oleh masyarakat.

 

References

Hermaji, B. 2016. Teori dan Metode Sosiolinguistik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Kustanti. 2016.Tema dan Pesan dalam Fungsi Media pada Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata (Analisis Wacana Pragmatik). Jurnal SAP, 1 (2).

Pratiwi, V. 2016.Campur Kode dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Jurnal Humaniora, 16(1).

Satriyani, dkk. Alih Kode dan Campur Kode dalam Novel Ranah Tiga Warna karya Ahmad Fuadi. PBSI FKIP Universitas Riau.

Sundoro, dkk. 2018. Campur Kode Bahasa Jawa Banyumasan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya.11 (2).

Wibowo,isyanto dkk. 2017. Analysis Of Types Code Switching And Code Mixing By The Sixth President Of Republic Indonesia Speech At The National Of Independence Daya. PROGRESSIVE Vol. XII, No. 2.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Khoiriyah, N. (2021). CAMPUR KODE DALAM NOVEL BIOLA TAK BERDAWAI KARYA SEKAR AYU ASMARA DAN SENO GUMIRA AJIDARMA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 103–124. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2697

Issue

Section

Articles

Citation Check