ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN AUTOBIOGRAFI KARYA MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA IAIN SURAKARTA

Authors

  • Nazilla Isni Nurrahmi Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3265

Keywords:

kesalahan berbahasa, autobiografi, TBI.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam penulisan autobiografi serta faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan berbahasa oleh mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Tahun 2018 IAIN Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah membaca, wawancara dan mencatat. Keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Penelitian ini menggunakan teori dari Setyawati, Matanggui, Zaenal Arifin dan Tarigan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian dan analisis data terhadap Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Autobiografi Karya Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa IAIN Surakarta, peneliti menemukan 483 kasus kesalahan yang meliputi 54 kesalahan morfologi, 25 kesalahan fonologi, 463 kesalahan sintaksis, 8 kesalahan semantik dan 5 kesalahan wacana. Sedangkan pada analisis data diambil sebanyak 50 data dan ditemukan 10 kesalahan tataran morfologi pada penghilangan prefiks, 11 kesalahan tataran fonologi pada penambahan fonem konsonan, 36 kesalahan sintaksis pada penggunaan kata yang berlebihan atau mubadzir, 4  kesalahan tataran semantik pada pemilihan kata yang tidak tepat dan 1 kasus kesalahan tataran wacana pada susunan kata atau pola kalimat yang tidak tepat. Adapun faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan berbahasa antara lain (1) terpengaruh bahasa yang dikuasai lebih dulu, (2) kurangnya pemahaman penutur terhadap bahasa, (3) kurang tepatnya pengajaran bahasa.

References

Ahmad dan Alek. 2016. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi: Substansi Kajian dan Penerapannya. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Anjarsari, Nurvita, dkk. 2013. Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing Di Universitas Sebelas Maret. Jurnal Basastra. Vol. 1, No.2.

Ariningsih, Nur Endah, dkk. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Basastra, Vol. 1, No. 1.

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

--------, Abdul. 2013. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Istinganah, Nurul. 2012. Analisis Kesalahan Sintaksis Pada Karangan Ekspositotis Siswa Kelas VIII SMP 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hastuti, Sri. 2003. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ghufron, Syamsul. 2015. Kesalahan Berbahasa: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Johan, G.M. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses

Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1),136-149.

Kusmana, Suherli. 2014. Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Markhamah dan Sabardila, A. 2010. Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: Jagat Abjad.

Maryadi, dkk. 2009. Model Penggalian Potensi Menulis Melalui Penulisan Otobiografi. Universitas Muammadiyah Surakarta: Jurnal Penelitian Humaniora. Vol. 10, No. 1.

Matanggui, J. Arifin, Zaenal. 2015. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Moleong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narbuko dan Achmadi. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmawati dan Niken. 2017. Autobiografi Seorang Konselor Sebagai Asesmen Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 1, No. 1.

Rosiana, F.D.A. 2018. Analisis Kesalahan Struktur Kalimat Dan Ejaan Dalam Cerita Pendek Karya Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Pakem Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Septiana, Anisa Nur, dkk. 2015. Analisis Kesalahan Struktur Teks dan Pemakaian Bahasa Indonesia Pada Teks Biografi Karya Siswa SMP. Jurnal Basastra, Vol.3, No.3.

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

------------. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV Alfabeta.

Suryana,Yaya. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suryaningsih, Disty. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII MTs DDI Walimpong Kabupaten Soppeng. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Tarigan, D. dan Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Morfologi. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tobing, Roswita Lumban. 2003. Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Prancis oleh Pembelajar Berbahasa Indonesia. Sebuah Studi Kasus. Jurnal Humaniora. Vol. 15.

Wijana, I. 2010. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Program Studi S2 Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitar Gadjah Mada Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Nurrahmi, N. I. (2021). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN AUTOBIOGRAFI KARYA MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA IAIN SURAKARTA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 125–162. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3265

Issue

Section

Articles

Citation Check