ANALISIS STRUKTURALIS PADA IKLAN M-BANKING BCA MOBILE DI TELEVISI
DOI:
https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3351Keywords:
Strukturalis, Iklan, M-BankingAbstract
Tulisan ini berjudul Analisis Strukturalis pada iklan M-Banking BCA Mobile di Televisi. Tujuan tulisan ini untuk mengetahui bagaimana perspektif structural terhadap fenomena kebahasaan dalam konsep kekinian. Iklan televisi merupakan media yang dapat mempengaruhi masyarakat yang melihat tayangannya. Iklan yang sangat banyak ditampilkan di televisi menuntut para pembuat iklan harus lebih kreatif dan inovatif agar dapat bersaing. Iklan yang menjadi subjek penelitian pada tulisan ini adalah iklan Analisis Strukturalis pada iklan M-Banking BCA Mobile di Televisi yang berdurasi 59 detik. Dalam tulisan ini penulis menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu : Strukturalis, Iklan, M-Banking. Hasil tulisan ini menemukan bahwa iklan M-Banking BCA Mobile memudahkan masyarakat dalam hal bertransaksi. Iklan yang dikemas dengan apik terbukti menarik banyak minat masyarakat untuk menggunakan M-Banking dijaman digital seperti ini. Iklan yang berdurasi sekitar 59 detik ini ditampilkan dalam bentuk yang menarik dan inovatif.
Downloads
References
Barthes, R. (1994). The Semiotic Challenge. Barkeley: Univ of California Press.
Dyck, I. (1992). William Cobbett and Rural Popular Culture. Cambridge: Cambridge University Press.
Efendi, M. S. (2012). Linguistik Sebagai Ilmu Bahasa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1), 97–101.
Fadlan, A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi pada Mahasisna Pengguna Mobile Banking Universitas Branijaya). Director, 15(40), 6–13.
Haryadi, T. (2019). Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Versi “Es Kacang Ijo” Dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes. Jadecs, 1, 1–16.
Karnanta, K. Y. (2015). Struktural (dan) Semantik: Teropong Strukturalisme dan Aplikasi Teori Naratif AJ Greimas. Atavisme: Jurnal Ilmiah Kajian Sastra, 18(2), 171–181.
Klepper, O. H., Anderson, T. D., Ashnorth, J. A., Moscati, A. F., Erdmann, R. C., Kylstra, C. D., ... Mills, C. B. (n.d.). Preface: Fusion Reactor Materials: 1973 ANS Winter Meeting (Robert J. Teitel).
Rahayu, I. S. (2017). Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (ATM): Studi Kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 5(2), 137. https://doi.org/10.21927/jesi.2015.5(2).137-150
Saha, S Nadiga, S Thian, C Wang, J Wang, W Zhang, Q Van den Dool, H M Pan, H-L Moorthi, S. B. (2006). The NCEP climate forecast system. Journal of Climate, 19(15), 3483–3517.
Saussure, F. De. (1873). Course in General Linguistics. Language.Sidik, A. (2018). Analisis Iklan Produk Shampoo Pantene Menggunakan Teori Semiotika Pierce. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(4), 201. https://doi.org/10.31602/tji.v9i4.1533
Suryani, L., & Semi, A. (2014). Kemampuan Menulis Narasi Sisna Kelas VII MTsN 1 Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(6).
Syukri, M. (2019). Analisis Dikotomi Perspektif Ferdinand de Saussure serta Ervin Goffman dalam Kajian Strukturalisme dan Positivisme Pragmatik. Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(2), 53–62
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License