ANALISIS STRUKTURALIS PADA IKLAN M-BANKING BCA MOBILE DI TELEVISI

Authors

  • Dhika Santhi

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3351

Keywords:

Strukturalis, Iklan, M-Banking

Abstract

Tulisan ini berjudul Analisis Strukturalis pada iklan M-Banking BCA Mobile di Televisi. Tujuan tulisan ini untuk mengetahui bagaimana perspektif structural terhadap fenomena kebahasaan dalam konsep kekinian. Iklan televisi merupakan media yang dapat mempengaruhi masyarakat yang melihat tayangannya. Iklan yang sangat banyak ditampilkan di televisi menuntut para pembuat iklan harus lebih kreatif dan inovatif agar dapat bersaing. Iklan yang menjadi subjek penelitian pada tulisan ini adalah iklan Analisis Strukturalis pada iklan M-Banking BCA Mobile di Televisi yang berdurasi 59 detik. Dalam tulisan ini penulis menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu : Strukturalis, Iklan, M-Banking. Hasil tulisan ini menemukan bahwa iklan M-Banking BCA Mobile memudahkan masyarakat dalam hal bertransaksi. Iklan yang dikemas dengan apik terbukti menarik banyak minat masyarakat untuk menggunakan M-Banking dijaman digital seperti ini. Iklan yang berdurasi sekitar 59 detik ini ditampilkan dalam bentuk yang menarik dan inovatif.

References

Barthes, R. (1994). The Semiotic Challenge. Barkeley: Univ of California Press.

Dyck, I. (1992). William Cobbett and Rural Popular Culture. Cambridge: Cambridge University Press.

Efendi, M. S. (2012). Linguistik Sebagai Ilmu Bahasa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1), 97–101.

Fadlan, A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi pada Mahasisna Pengguna Mobile Banking Universitas Branijaya). Director, 15(40), 6–13.

Haryadi, T. (2019). Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Versi “Es Kacang Ijo” Dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes. Jadecs, 1, 1–16.

Karnanta, K. Y. (2015). Struktural (dan) Semantik: Teropong Strukturalisme dan Aplikasi Teori Naratif AJ Greimas. Atavisme: Jurnal Ilmiah Kajian Sastra, 18(2), 171–181.

Klepper, O. H., Anderson, T. D., Ashnorth, J. A., Moscati, A. F., Erdmann, R. C., Kylstra, C. D., ... Mills, C. B. (n.d.). Preface: Fusion Reactor Materials: 1973 ANS Winter Meeting (Robert J. Teitel).

Rahayu, I. S. (2017). Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (ATM): Studi Kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 5(2), 137. https://doi.org/10.21927/jesi.2015.5(2).137-150

Saha, S Nadiga, S Thian, C Wang, J Wang, W Zhang, Q Van den Dool, H M Pan, H-L Moorthi, S. B. (2006). The NCEP climate forecast system. Journal of Climate, 19(15), 3483–3517.

Saussure, F. De. (1873). Course in General Linguistics. Language.Sidik, A. (2018). Analisis Iklan Produk Shampoo Pantene Menggunakan Teori Semiotika Pierce. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(4), 201. https://doi.org/10.31602/tji.v9i4.1533

Suryani, L., & Semi, A. (2014). Kemampuan Menulis Narasi Sisna Kelas VII MTsN 1 Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(6).

Syukri, M. (2019). Analisis Dikotomi Perspektif Ferdinand de Saussure serta Ervin Goffman dalam Kajian Strukturalisme dan Positivisme Pragmatik. Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(2), 53–62

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Santhi, D. (2021). ANALISIS STRUKTURALIS PADA IKLAN M-BANKING BCA MOBILE DI TELEVISI. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3351

Issue

Section

Articles

Citation Check