RELEVANSI PADA IKLAN PRODUK PERAWATAN BAYI: SEBUAH ANALISIS PRAGMATIK

Authors

  • Isnain Hidayanti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Neneng Nurjanah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3490

Keywords:

Teori Relevansi, Makna Tuturan, Iklan, Pragmatik

Abstract

Sebuah iklan hadir untuk memperkenalkan produknya kepada kawan tutur (pangsa pasar) dengan memanfaatkan bahasa dan komunikasi yang melibatkan efek kontekstual dan stimulus ostentif. Hal itu pulalah yang digunakan pada iklan produk Johnson's. Untuk mengetahui bentuk komunikasi dalam iklan produk bayi Johnson's, maka akan dipakai teori relevansi Sperber dan Wilson. Digunakan pula teori iklan dalam kajian pragmatik menurut Tanaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi dan makna tuturan dalam iklan produk J and J, yaitu The New Johnson's Cotton Touch 2in1 Hair and Body Baby Bath. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, iklan Johnson's CottonTouch 2in1 Hair and Body Baby Bath memiliki derajat relevansi yang tinggi karena memanfaatkan efek kontekstual yang banyak dan tidak membutuhkan proses yang lama dalam memproses iklan tersebut. Kedua, makna penutur disampaikan oleh agensi iklan adalah produk ini merupakan produk yang lembut, sesuai dengan standar kesehatan dan halal sehingga produk bayi tersebut dapat digunakan oleh beragam lapisan masyarakat.

References

Berger. (2013) Dictionary of Advertising and Marketing Concepts. Left Coast Press: Walnut Creek.

Cummings, L. (2007). Pragmatik: Sebuah Penelitian Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunarman, A. (2004). PELBBA 17 Pertemuan Linguistik Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Atma Jaya Ketujuh Belas. Jakarta: Atmajaya.

Muhammad. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Miles, M. B., Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Nurjanah N., Pratiwi R. (2019). Citra Perempuan Berhijab dalam Iklan Sampo: Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Pena Indonesia, 69-78 Vol. 5 No. 1.

Nurjanah, N. (2016). Membedah Relevansi dalam Iklan "WRP". Jurnal Dialektika, 67-86 Vol. 3 No. 1.

Rahardi, Kunjana, dkk. (2019). Pragmatik: Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sperber, D., Wilson, D. (1995). Relevance: Communication and Cognition. Oxford: Blackwell.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Hidayanti, I., & Nurjanah, N. (2021). RELEVANSI PADA IKLAN PRODUK PERAWATAN BAYI: SEBUAH ANALISIS PRAGMATIK . Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 33–48. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3490

Issue

Section

Articles

Citation Check