MENGANTISIPASI KESALAHAN PRODUKSI UJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING

Authors

  • Nabilah Rihadatul Aisy Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3652

Keywords:

public speaking, kesalahan ujaran, senyapan, kilir lidah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam kesalahan produksi ujaran yang meliputi senyapan dan kilir lidah, penyebab terjadinya, cara mengantisipasinya, dan bagaimana hal itu berpengaruh untuk meningkatkan public speaking. Kesalahan produksi ujaran adalah kekeliruan yang terjadi dalam proses menghasilkan suatu ujaran, yang membuat ujaran yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan simak-catat, yang selanjutnya dianalisis menggunakan teori kesalahan produksi ujaran yang meliputi senyapan dan kilir lidah dalam ilmu psikolinguistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengantisipasi kesalahan produksi ujaran, yaitu senyapan dan kilir lidah dapat dilalukan dengan mengatasi penyebab terjadinya kesalahan produksi ujaran; senyapan dan kilir lidah, yaitu grogi, tergesa-gesa, tidak konsentrasi, berbicara ketika belum siap, hal ini diketahui melalui analisis contoh-contoh kesalahan produksi ujaran. Mengatisipasi kesalahan produksi ujaran, selain berdampak pada produksi ujaran juga berdampak meningkatkan kemampuan public speaking. Apa yang didapatkan dari mengatisipasi kesalahan produksi ujaran adalah sikap dan sesuatu yang dibutuhkan untuk kemampuan public speaking yang lebih baik lagi, seperti mempersiapkan topik dengan baik, bersikap tenang, fokus, tidak berbicara ketika belum siap, hanya berbicara menggunakan kosa kata yang dikenal.

Author Biography

Nabilah Rihadatul Aisy, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Alwasilah, A.C. (2011). LinguistiK Suatu Pengantar. Bandung: Penerbit Angkasa.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2008. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Field, Jhon. 2004. Psycolinguistics: They Key Concepts. London: Routledge.

Kushartanti, dkk. (2005). Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik (3rd ed). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, N. D. (2020). Kesenyapan dan Kekeliruan Wicara Public Speaking dalam Produksi Kalimat serta Hubungannya dengan Pemakaian Memori. Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(2).

Mayasari, I. (2015). Senyapan dan Kilir Lidah dalam Produksi Ujaran (Kajian Psikolinguistik). Deiksis, 7(02), 123-132.

Napitupulu, S. (2021). Pentingnya Public Speaking untuk Karier serta Cara Meningkatkannya. https://glints.com/id/lowongan/kemampuan-public-speaking/ (diakses tanggal 11 Mei 2021).

Public Speaking Magically. (2012). Pengertian Public Speaking, Bisa Bicara itu Penting!. https://www.publicspeakingmagically.com/pengertian-public-speaking.html#:~:text=Menurut%20David%20Zarefsky%2C%20dalam%20Public,komunikasi%20berkelanjutan%2C%20di%20mana%20pesan%2C (diakses tanggal 11 Mei 2021)

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Aisy, N. R. (2021). MENGANTISIPASI KESALAHAN PRODUKSI UJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(2), 65–86. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3652

Issue

Section

Articles

Citation Check