TINGKAT KEMAMPUAN BERBICARA PEMELAJAR BIPA (BAHASA INDONESIA PENUTUR ASING) TINGKAT PEMULA MENGGUNAKAN TES TEKS DESKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3883Keywords:
BIPA, kemampuan berbicara, teks deskripsi, pelafalan, kosakata, pemulaAbstract
Dalam pengajaran BIPA, berbicara menjadi aspek keterampilan berbahasa yang fundamental. Komunikasi lisan atau kemampuan berbicara merupakan salah satu keterampilan bahasa yang penting. Hal ini menyangkut keluasan identifikasi persoalan berbicara. Kemampuan berbicara pemelajar BIPA tingkat pemula mencakup kemampuan dalam mendeskripsikan secara lisan, ketepatan kalimat, ketepatan pelafalan dan ketepatan kosakata. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kemampuan berbicara pemelajar BIPA tingkat pemula asal Belanda menggunakan tes teks deskripsi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan tes dan penilaian berdasarkan penilaian Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) yang disesuaikan. Penelitian ini juga menggunakan transkripsi fonetik untuk mengetahui ketidaktepatan pelafalan pada beberapa artikulasi fonetik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemelajar BIPA tingkat pemula menggunakan tes teks deskripsi memiliki kesulitan namun berada dalam kategori baik dalam penilaian.
Downloads
References
Anjarsari, Nurvita. Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing di Universitas Sebelas Maret. Universitas Sebelas Maret. 2019.
Aulianah, Noerrotoel. Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Teks Deskripsi Melalui Game Make-A Match Pada Siswa Kelas 7. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 5, ISSN : 2337-3253.
Barkaoui, Khaled. dkk. Test-Takers’ Strategic Behaviors in Independent and Integrated Speaking Tasks. Oxford University Press. 2012.
Budiawan, Raden Yusuf Sidiq dan Rukayati. Kesalahan Bahasa dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing BIPA di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. Kredo, Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Diakses dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2428. 2018.
Iskandarwasid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.
Mulistuti, Liliana. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2017.
Ningrum, Rifqia. dkk. BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula. 2017.
Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian pemelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA. 2016.
Pransiska, Rismareni. Kemampuan Penguasaan dan Ketepatan Pengucapan Kosakata Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan PG PAUD FIP UNP. PEDAGOGI, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume XV No.1. Universitas Negeri Padang. 2015.
Rao, Parupalli Srinivas. The Importance of Speaking Skills in English Classrooms. Alford Council of International English and Literature Journal ACIELJ. 2019.
Siddik, Mohammad. Pengembangan Model pemelajaran Menulis Deskripsi. Malang: Tunggal Mandiri Publishing. 2018.
Subhayni. dkk. Keterampilan Berbicara. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press. 2017.
Tarigan, Henry Guntur. Berbicara Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa. 2008.
Utami, Sri. Pengaruh Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Pendekatan Komunikatif dengan Metode Simulasi pada pemelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah LIKHITAPRAJNA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ISSN: 1410-8771. Volume. 18, Nomor 2, hal 58-66. Universitas Wisnuwardhana Malang. 2016.
Webinar BISA BIPA UI (Bincang Santai BIPA UI). Tantangan Pengajar ketika Mengajarkan Tata Bahasa kepada Pemelajar BIPA. 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License