PEMANFAATAN NOVELTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PROSA di SMA
DOI:
https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3938Keywords:
Sastra Siber, Aplikasi NovelToon, Media Pembelajaran ProsaAbstract
Cybersastra atau sastra siber adalah aktivitas sastra yang memanfaatkan media elektronik atau internet. Sastra bergenre prosa sebagai salah satu sarana hiburan dan bahan pembelajaran saat ini dapat diakses melalui teknologi digital. Salah satu aplikasi daring yang dapat digunakan untuk mengakses prosa secara digital ialah NovelToon. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan cara penggunaan NovelToon, menjelaskan keunggulan dan kelemahan NovelToon, serta pemanfaatan NovelToon sebagaimedia pembelajaran prosa di SMA.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Teknik dokumentasi dan catat merupakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi NovelToon diawali dengan membuat akun pengguna, baik sebagai penulis maupun pembaca karya. Keunggulan NovelToon adalah fitur audio yang bisa ditambahkan pada setiap cerita sehingga pembaca dapat mendengarkan isi cerita selain membacanya. Di samping itu, adanya review karya dari tim NovelToon sehingga karya semakin berkualitas. Salah satu kelemahan aplikasi ini adalah bab cerita terbaru cenderung lama terbit tergantung pada durasi penilaian karya.Selain itu, mayoritas karya bergenre romantis. Pemanfaatan NovelToon sebagai media pembelajaran prosa dapat ditinjau dari pola dan strategi pemanfaatannya di dalam pembelajaran.
Downloads
References
Anggraeni, S. R. & Wati, R. (2020). Sastra Misterius dalam Dunia Siber Masa Kini. Literasi: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 4 (1): 8-14. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/download/3082/3027, diakses pada 7 Mei 2021.
Arianti, F.F., Sutrimah, dan Hasanudin, C. (2020). Flipped Classroom dan Aplikasi Schoology: Analisis Keterampilan Menulis Teks Biografi. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(2): 165-186. https://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/tabasa/article/download/2591/1167, diakses pada 8 Agustus 2021.
Bungkul.com. (2021). 8+ Situs dan Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang 2021. https://bungkul.com/situs-dan-aplikasi-menulis-yang-menghasilkan-uang/, diakses pada 9 Mei 2021.
Campuspedia.id. tt. Pengen Dapat Uang dari Menulis? Segera Simak Tips Berikut! https://campuspedia.id/news/tips-dapat-uang-dari-menulis/, diakses 9 Mei 2021.
Farahiba, A. S. (2016). Eksistensi Sastra Cyber sebagai Media Komunikasi Antarbangsa. Prosiding Seminar Nasional Sosiologi Sastra Susastra FIB UI tanggal 10-11 Oktober, Depok, Indonesia. https://susastra.fib.ui.ac.id/wp-content/uploads/81/2017/01/12-Makalah-Ayyu-Subhi-Eksistensi-Sastra-Cyber-sebagai-Media-Komunikasi-Antarbangsa-pro.pdf
Fitriani, L. (2007). Sastra Cyber di Indonesia. LiNGUA Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra 2 (2): 66-74. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/humbud/article/download/567/933
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Batu: Literasi Nusantara.
Ibda, H. (2014). Integrasi Sastra Siber dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI untuk Menjawab Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Seminar Nasional Lembaga Bahasa STAINU Temanggung 1. https://stainutmg.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/30.-Ibda-Integrasi-Sastra-Siber-dalam-Pembelajaran-Bahasa-Indonesia-SDMI-dalam-Menjawab-Era-Revolusi-Industri-4.0-dan-Society-5.0-prosiding.pdf, diakses pada 7 Mei 2021.
Krippendorff,Klaus. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.
Lazar, Gillian. (2009). Literature and Language Teaching: A Guide for Teachers and Trainers. Cambridge: Cambridge University Press.
Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Peserta Didik. Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.
Muinah, Fathiyah. (2020). Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Duit Booktube Indonesia. https://youtu.be/iPNyVr5yxoQ, diakses pada 31 Juli 2021.
Muliadi. (2018). Buku Ajar Telaah Prosa (Sebuah Terapan). Makassar: De La Macca.
Mulyaningtyas, R. (2020). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Alim’s Publishing.
Mulyaningtyas, R dan Khasanah, U. (2021). Media Cici Drama dalam Pembelajaran Teks Drama Kelas VII. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 1(1): 222-243. http://178.128.61.209/index.php/jtbi/article/view/3778/1516, diakses pada 7 Agustus 2021.
Mulyaningtyas, R. dan Nurjanah, E. (2021). Media Perkuliahan Daring di Jurusan TBIN IAIN Tulungagung. Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 21-31. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/775/556, diakses pada 8 Agustus 2021.
Praningrum, Harum Ika dan Rianna Wati. 2021. Berbagai Topik Sastra dalam Ranah Cyber: dari Popularitas hingga Komunitas Cerita Bertopik Misteri. Literasi: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya 5(1):11–19.
Rafi. (2021). 5 Aplikasi Baca Novel Gratis. 15 Januari, sinarnews.id https://sinarnews.id/5-aplikasi-baca-novel-gratis/, diakses pada 9 Mei 2021.
Rejo, U. (2014). Memosisikan Sastra Siber sebagai Lahan Baru dalam Penelitian Sastra Mutakhir di Indonesia. 1 (2). http://dx.doi.org/10.26740/parama.v1n2.p%25p
Rossa, V. (2020). Isi Waktu dengan Membaca, Coba Cek 7 Aplikasi Novel Online ini. 4 Agustus, suara.com https://www.suara.com/lifestyle/2020/08/04/171651/isi-waktu-dengan-membaca-coba-cek-7-aplikasi-novel-online-ini?page=all, diakses pada 8 Mei 2021.
Sadiman, dkk. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sari, I. A., Sulaeman A., Haerudi. (2020). Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Transit Karya Seno Gumira Ajidarma dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(2): 187-210. https://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/tabasa/article/download/2691/1170, diakses pada 8 Agustus 2021.
Septriani, H. (2016). Fenomena Sastra Cyber: Sebuah Kemajuan atau Kemunduran?. Prosiding Seminar Nasional Sosiologi Sastra Susastra FIB UI tanggal 10-11 Oktober, Depok, Indonesia. https://susastra.fib.ui.ac.id/wp-content/uploads/81/2017/01/13-Makalah-Hilda-Septriani.pdf
Shanti. (2019). Aplikasi NovelToon, Adiknya Mangatoon. 28 November, Shan’s Journal http://jurnalislylashantisavitriniwyn.blogspot.com/2019/11/aplikasi-noveltoon-adiknya-mangatoon.html, diakses pada 9 Mei 2021.
Solihati, N. (2014). Penyimpangan Bahasa Puisi dalam Sastra Siber. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 13 (1): 40-49, http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/808/715, diakses 17 Mei 2021.
Tim WowKeren. (2020). Isi Waktu Luang dengan Baca Berbagai Cerita Menarik, Ini 7 Rekomendasi Aplikasi Baca Novel. 26 Desember, wowkeren.com https://wowkeren.com/berita/tampil/00345152.html, diakses pada 8 Mei 2021.
Wahyuni, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 3 Batanghari dengan Menggunakan Media NovelToon Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019. Journal Education of Batanghari 2(8):103-115. https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/73/63, diakses pada 9 Mei 2021.
Widiatmoko, D. A., Nina W., Yanuar B. A. (2020). Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Berita. Tabasa: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1): 70-80. https://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/tabasa/article/download/2618/900, diakses pada 5 Agustus 2021.
Yusanta, F. B. & Wati, R. (2020). Eksistensi Sastra Cyber:Webtoon dan Wattpad Menjadi Sastra Populer dan Lahan Publikasi bagi Pengarang. Jurnal Literasi, 4 (1):1-7. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/viewFile/3080/3023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License