##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran TTS XWords Generator terhadap hasil belajar menyimak teks biografi siswa kelas X SMA IT Mutiara Hikmah yang berlokasi di Tambun Selatan, Bekasi Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian gabungan dengan penekanan pada statistik yakni kuantitatif praeksperimen dan menggunakan teknik The One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian ini berupa tes awal (pretest) yang berupa pilihan ganda dan tes akhir (posttest) yang berupa teka-teki silang. Teknik analisis data menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistic 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran TTS XWords Generator berpengaruh positif terhadap hasil belajar menyimak teks biografi siswa kelas X SMA IT Mutiara Hikmah, dilihat dari nilai rata-rata posttest sebesar 93,86 lebih besar diibandingkan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 72,78 dan dengan tingkat pengaruh sebesar 90,9% menurut perhitungan regresi. Uji hipotests dilakukan dengan menghitung uji Mann-Whitney dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistic 22 dengan hasil nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000 atau lebih kecil dibandingkan dengan nilai taraf signifikansi sebesar 0,05. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata saat menggunakan media pembelajaran TTS XWords Generator.

Keywords

TTS XWords Generator Keterampilan Menyimak Teks Biografi

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fakhriyah, F. N., & Hindun, H. (2021). PENGARUH MEDIA TTS XWORDS GENERATOR TERHADAP HASIL MENYIMAK BIOGRAFI KELAS X SMA IT MUTIARA HIKMAH. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(2), 107–130. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3970

References

  1. Barclay, Lizbeth A. (2012). Learning to Listen/Listen to Learn: Teaching Listening Skills to Students with Visual Impairments. New York: AFB Press.
  2. Guslinda dan Rita Kurnia. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing Surabaya.
  3. Hidayat, Isnu. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: DIVA Press.
  4. Ibda, Hamidulloh. (2020). Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa (Cetakan ke-2). Semarang: Pilar Nusantara.
  5. Jaya, I Made Laut Mertha. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
  6. Sari, Santika Damayanti, dkk.. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Model Think Talk Write pada Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMAN 09 Malang. Jurnal PBSI (Vol.7 No.1).
  7. Syakur, Mohammad Sholeh dan Wijanarto. (2016). Generator Teka-Teki Silang Menggunakan Algoritma Backtracking dan Brute Force. Journal of Applied Intelligent System (Vol. 1, No. 1).
  8. Wasgito, Mohammad Andi dan Wayan Setiadarma. (2014). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang (TTS) dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget. Jurnal Pendidikan Seni Rupa (Vol. 2 No. 3).