PENGGUNAAN MEDIA IKLAN YOUTUBE KEMENKES DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI

Authors

  • Wahyu Ningsih UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Hindun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/tabasa.v3i01.4057

Keywords:

Media iklan, keterampilan menulis, karangan persuasi, Youtube.

Abstract

Media is an important instrument for teachers in teaching and learning activities. The existence of media is expected to make it easier for teachers to convey material and make it easier for students to understand the material, of course the media used must be adapted to the development of the times. This study aims to find out how the use of video media from the Ministry of Health's YouTube channel in learning persuasive text writing skills for class VIII students at SMP Islamiyah Ciputat. The method used in this study is a qualitative descriptive method in the form of a description of the results of student essays. The data collection techniques used in this study used observation, interviews, documentation, and tests. Aspects assessed in this study were the quality of the content of the essay, spelling and writing, structure of the essay, organization of content, and accuracy of diction. The results of the study showed that the ability to write persuasive essays for class VIII-3 students obtained an average score of 81, 30 with good category (B). So it can be concluded that, public service advertising media from the Ministry of Health's YouTube can be used as an appropriate learning media for learning the skills of writing persuasive essays.

 

Media menjadi insturmen yang penting bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar.Adanya media diharapkan memudahkan guru menyampaikan materi dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi, tentunya media yang digunakan harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media video dari kanal YouTube Kemenkes dalam pembelajaran keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII di SMP Islamiyah Ciputat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif yang berupa pendeskiripsian dari hasil karangan siswa.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Aspek yang dinilai dalam penelitian ini yakni kualitas isi karangan, ejaan dan tata tulis, struktur karangan, organisasi isi, dan ketepatan diksi.Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan persuasi peserta didik kelas VIII-3 memperoleh nilai rata-rata 81, 30 dengan kategori baik (B).Jadi dapat disimpulkan bahwa, media iklan layanan masyarakat dari YouTube Kemenkes dapat dijadikan media pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran keterampilan menulis karangan persuasi.

References

Ambarwati, D. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi dengan Media Iklan Advertorial pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Prembun. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, M. T. (2021). Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan. Depok: Duta.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

David, E. R. et al. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam YouTube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, 1(1).

Dian, K. M. (2010). Representasi Anak-Anak dalam Tayangan Iklan Komersial di Media. Jurnal Makna, 1(1).

Faiqah, F. et al. (2016). YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2).

Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 5(10).

Hindun. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar. Depok: Nufa Citra Mandiri.

Insani, F. (2018). Penggunaan Media Video Stopmotion dalam Keterampilan Menulis Karangan Perusuasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Al-Hasra Bojongsari Tahun 2018/2019. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jauhari, H. (2018). Terampil Mengarang dari Persiapan Hingga Presentasi dari Opini Hingga Sastra. Bandung: Nuansa.

Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Prenadamedia Group.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2).

Nisa, N. K. (2015). Strategi Kreatif Iklan Layanan masyarakat (ILM) dalam Pemasaran Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi Interaksi, 4(2).

Novela, D. A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi Siswa Kelas VIII 5 MTS Al-Atiqiyah Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Islam Negeri Jakarta.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Rocco, Tonette S, & T. H. (2011). The Handbook of Scholarly Writing and Publishing. San Francisco: Jossey-Bass.

Santoso, H. (2022). Upaya Meningkatkan Minat dan Budaya Membaca Buku Melalui Iklan Layanan Masayarakat. Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visual-Audio Visual- Komputer- Power Point-Internet- Interactive Video. Jakarta: Kata Pena.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Ningsih, W., & Hindun. (2022). PENGGUNAAN MEDIA IKLAN YOUTUBE KEMENKES DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(01), 84–94. https://doi.org/10.22515/tabasa.v3i01.4057

Issue

Section

Articles

Citation Check