KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI NILAI MORAL PADA FILM KETANGEN KARYA DEEAN KESENIAN BANGKA BARAT KELAS XI SMAN 5 TANGERANG SELATAN

Authors

  • Euis Fajriani Putri Pratiwi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Hindun Hindun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

Keywords:

moral values, short film “Ketangen” media, writing, descriptive paragraph, nilai moral, media film pendek “Ketangen”, menulis, paragraf deskripsi

Abstract

This research is about knowing the skills of writing a description of the moral values ​​of the short film "Ketangen" by the West Bangka Arts Council in class XI students of SMAN 5 South Tangerang in the 2020/2021 academic year. The subject of this research is a short film media entitled "Ketangen".  The object of this research is the students of class XI IPS 3 odd semester, totaling 41 students. The research method used is descriptive qualitative. Data analysis techniques in this study are analysis before going to the field, data reduction, data presentation from the results of data reduction, and data verification. The researcher uses the short film “Ketangen” which has been downloaded from YouTube. The results show that the moral values ​​in the short film "Ketangen" are politeness, mutual respect, mutual respect, hard work, never give up, not spoiled, not lazy and patience.  At SMAN 5, South Tangerang City, it turned out that using the film "Ketangen" as a medium in learning descriptive paragraphs could change the value of students' writing skills so that the average acquisition = 69.80.  As detailed, 6 students got very good category, 8 students were in good category, 4 students were in fairly good category, and 3 students were in poor category.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keterampilan siswa kelas XI SMAN 5 Tangerang Selatan dalam menulis teks deskripsi nilai moral film pendek “Ketangen” karya dewan kesenian Bangka Barat. Subjek penelitian ini adalah media film pendek yang berjudul “Ketangen”. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 semester ganjil yang berjumlah 41 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis sebelum ke lapangan, reduksi data, penyajian data dari hasil reduksi data, dan verifikasi data. Peneliti menggunakan media film pendek “Ketangen” yang telah diunduh dari YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moral pada film pendek “Ketangen” yakni kesantunan, saling menghormati, saling menghargai, kerja keras, pantang menyerah, tidak manja, tidak malas dan kesabaran. Pada SMAN 5 Kota Tangerang Selatan ternyata menggunakan media film “Ketangen” pun dalam pembelajaran paragraf deskripsi dapat mengubah nilai keterampilan menulis siswa sehingga perolehan rata-ratanya = 69,80.

References

Abdulhak, Ishak dan Deni Darmawan. (2015). Teknologi Pendidikan: Cetakan ke-2. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Edisi Revisi. Cetakan ke-17. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Bahtiar, Ahmad dan Fatimah. (2014). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: In Media

Bartens, K. (2007). Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Edisi 1. Cetakan ke-5. Jakarta: RajaGrafindoPersada.

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Joko Saptono Yohanes. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. ejurnal.uki.ac.id, Vol. 1.

Kosasih, E., dkk. (2014). Pengajaran Keterampilan Berbahasa: Cetakan ke-1. Tangerang Selatan: UniversitasTerbuka.

Kuntarto, M. Niknik. (2011). Cermat Dalam Berbahasa Teliti Dalam Berpikir. Mitra Wacana Media.

Kurniawan, Heru. (2015). Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Prenadamedia Group.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Munadi, Yudhi Munadi. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: November.

Nurgiantoro, Burhan. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada University Press.

Nurjamal, Daeng, Warta Sumirat, dan Riadi Darwis. (2017). Terampil Berbahasa: Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), danMenulis Surat. Cetakan ke-7. Bandung: Alfabeta.

Nurudin. (2010). Dasar-Dasar Penulisan. Cetakan ke-2. Malang: UMM Press.

Pardiyono. (2020). Pasti Bisa! Ayo Menagarang! Integrated Learning, Text dan Type Text, Genre, Retorical Structure. Cetakan ke-9. Yogyakarta: siGma.

Prastowo, Andi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahman, Taufiqur. (2017). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Cetakan ke-1. Semarang: Pilar Nusantara.

Ridwanuddin, Dindin. (2015). Bahasa Indonesia: Cetakan ke-1.

Rusman, dkk. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Cetakan ke-3. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Cetakan ke-6. Jakarta: PT Kencana.

Sudijono, Anas. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cetakan ke-15. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-9. Bandung: ALFABETA.

Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visual- Audio Visual- Komputer- Power Point-Internet- Interactive Video. Kata Pena.

Downloads

Published

2023-05-27

How to Cite

Pratiwi, E. F. P., & Hindun, H. (2023). KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI NILAI MORAL PADA FILM KETANGEN KARYA DEEAN KESENIAN BANGKA BARAT KELAS XI SMAN 5 TANGERANG SELATAN. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(02), 123–134. Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/tabasa/article/view/4089

Citation Check