ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS EKSPLANASI KARANGAN SISWA KELAS VIII MTS PLUS AL BUKHORI KABUPATEN BREBES

Authors

  • Khalimatussa'diyah Khalim Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Indrya Mulyaningsih Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Itaristanti Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Keywords:

explanatory text, morphology, spelling, syntax, ejaan, morfologi, sintaksis, teks eksplanasi

Abstract

The purpose of this study was to describe language errors at the level of spelling, morphology, and sentences in explanatory texts written by class VIII students of MTs Plus Al Bukhori. This type of research is qualitative with a descriptive design. The data collection method used documentation, data validity used theoretical triangulation, and data analysis used the distribution method. The results showed that in the explanatory text there were 152 spelling errors, 5 morphological levels, and 11 syntactical levels. This research is oriented towards the background of language errors, so that it can be used as a reference material for not making similar mistakes and is able to provide linguistic insight.

Keywords: explanatory text, morphology, spelling, syntax

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa pada tataran ejaan, morfologi, dan kalimat dalam teks eksplanasi yang ditulis oleh siswa kelas VIII MTs Plus Al Bukhori. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, validitas data menggunakan triangulasi teori, dan analisis data menggunakan metode agih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam teks eksplanasi terdapat 152 kesalahan ejaan, 5 tingkat morfologis, dan 11 tingkat sintaksis. Penelitian ini berorientasi pada latar belakang kesalahan berbahasa, sehingga dapat dijadikan bahan rujukan untuk tidak melakukan kesalahan sejenis dan mampu memberikan wawasan linguistik.

Kata kunci: ejaan, morfologi, sintaksis, teks eksplanasi

References

Andayani, N., Saddhono, K., Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 4 (2).

Astuti, dkk. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dan Morfologi pada Penulisan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 4 Cimahi.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (1).

Azizah, dkk. (2022). Kesalahan Berbahasa Bidang Fonologi pada Pidato Presiden RI Joko Widodo di Sidang Umum PBB Ke-75.Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 3 (1).

Budianto, D. (2019). Analisis Kesalahan Tanda Baca dan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dalam Karangan pada Pembelajaran Bahasa Indonnesia Siswa Kelas V di MI Alislam Kota Bengkulu.Skripsi.

Busri & Badrih. (2018). Linguistik Indonesia Pengantar Memahami Hakikat Bahasa. Malang: Madani Media.

Faisah, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Surat Menyurat di Kantor Kelurahan Layana Indah. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4 (1).

Johan, G.M. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18 (1).

Kemendikbud. (2018). e-Modul Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan.

Muslimah, D., Nurhayati, E.A.A., & Suhartatik. (2019). Afiksasi Bahasa Madura Dialek Sumenep Tingkat Tutur Rendah.Jurnal Estetika, Vol (1).

Nurrahmi & Rahmawati. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Autobiografi Karya Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2 (1).

Nurwicaksono & Amelia. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Ilmiah Mahasiswa.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (2).

Putrayasa, I.B. (2014). Kalimat Efektif. Bandung: PT Refika Aditama.

Putrayasa, I.B. (2017). Kajian Morfologi Bentuk Derivasional dan Infleksional. Bandung: PT Refika Aditama.

Putrayasa, I.B. (2017). Sintaksis Memahami Kalimat Tunggal. Bandung: PT Refika Aditama.

Setiawan & Zyuliantina.(2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Status dan Komentar di Facebook.Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1 (1).

Sugiarto, E. (2017). Kitab PUEBi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Andi.

Suryaningsi, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas VIII MTs DDI Walimpong Kabupaten Soppeng. Skripsi.

Downloads

Published

2023-05-27

How to Cite

Khalim, K., Indrya Mulyaningsih, & Itaristanti. (2023). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS EKSPLANASI KARANGAN SISWA KELAS VIII MTS PLUS AL BUKHORI KABUPATEN BREBES. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(02), 108–122. Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/tabasa/article/view/5135

Citation Check