Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis pada Makalah Prodi Perbankan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.22515/tabasa.v4i02.6910Abstract
One deviation from the rules of language use is language error. Conversational or written language that deviates from the rules includes language errors. Language errors often occur anywhere, anytime, including in professional settings and when writing scientific articles. This is evidenced by research involving the reading of papers from the Islamic Banking study program at UIN Raden Mas Said Surakarta. The paper contains several grammatical errors. To analyze and evaluate language errors at the syntactic level in the fields of phrases and sentences in various student papers of the Islamic Banking study program UIN Raden Mas Said Surakarta, the authors conducted a study. This research utilizes a qualitative approach method. Techniques for collecting data that involve reading and taking notes. The study information comes from a number of papers written by students of the Islamic Banking study program at UIN Raden Mas Said Surakarta. Language problems at the syntactic level can be found in a collection of papers written by students of UIN Raden Mas Said Surakarta in the Islamic Banking study program. According to research findings, there are errors in the field of phrases that occur due to the use of redundant words. In addition, a statement that does not have a subject or predicate, is illogical, contains unnecessary question words, or is not a subject is also a syntax error in a sentence.
Salah satu penyimpangan dari kaidah penggunaan bahasa adalah kesalahan bahasa. Bahasa percakapan atau tertulis yang menyimpang dari aturan termasuk kesalahan bahasa. Kesalahan bahasa sering terjadi di mana saja, kapan saja, termasuk di lingkungan profesional dan saat menulis artikel ilmiah. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang melibatkan pembacaan makalah dari prodi Perbankan Syariah di UIN Raden Mas Said Surakarta. Makalah tersebut mengandung beberapa kesalahan tata bahasa. Untuk menganalisis dan mengevaluasi kesalahan bahasa pada tataran sintaksis pada bidang frasa dan kalimat dalam berbagai makalah mahasiswa prodi Perbankan Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta maka penulis melakukan penelitian. Penelitian ini memanfaatkan metode pendekatan kualitatif. Teknik untuk mengumpulkan data yang melibatkan membaca dan mencatat. Informasi kajian tersebut berasal dari sejumlah makalah yang ditulis oleh mahasiswa prodi Perbankan Islam UIN Raden Mas Said Surakarta. Masalah bahasa pada tataran sintaksis dapat ditemukan pada kumpulan makalah yang ditulis oleh mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta di prodi Perbankan Islam. Menurut temuan penelitian, ada kesalahan bidang frasa terjadi akibat penggunaan kata yang mubazir. Selain itu, pernyataan yang tidak memiliki subjek atau predikat, tidak logis, mengandung kata tanya yang tidak perlu, atau bukan subjek juga merupakan menjadi kesalahan sintaksis dalam kalimat.
Downloads
References
Afiana, N. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia tataran ejaan dalam karangan siswa. Konferensi Ilmiah Dasar: Membumikan Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Inklusi, 68–78.
Arifin, E. Z., & Junaiyah. (2008). Sintaksis : Untuk Mahasiswa Strata Satu Jurusan Bahasa Atau Linguistik dan Guru Bahasa Indonesia SMA/ SMK. Grasindo.
Aruan, L. (2009). Analisis Kesalahan Berbahasa di dalam Karangan Mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman FBS Universitas Negeri Medan. Bahas, 18(3), 1–10. https://doi.org/10.24114/bhs.v0i74TH%20XXXVI.2500
Sari, S. A. M., Feny, R. F., & Reza, R. (2022). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital pada penulisan kembali cerita hewan kelas II tema 7 di SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 49–53. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/index
Baharuddin. (2022). Membangun Komunikasi Efektif dalam Penerapan Nilai-Nilai Agama pada Anak. Jurnal Pendidikan Ilmiah Anak, 8(2), 19–20.
Chaer, A. (2015). Linguistik Umum. PT Rineka Cipta.
Fiqi, A. M., Dijah Lestari, A., Badrussalam, F., Siagian, I., Bahasa, P., Indonesia, S., Indraprasta, U., Jakarta, P., Raya, J.
N., & Selatan, J. (2023). Menyunting Kalimat Efektif dari Aspek Kehematan pada Berita Daring Tribunnews Tahun 2022. Journal on Education, 05, 5661–5667.
Hafidz, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati, 4(2), 176.
Johan, G. M., & Simatupang, Y. J. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Secara Sintaktis dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN Miri. Visipena Journal, 8(2), 241–253. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.408
Lestari, S. (2022). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (1st ed.). Eureka Media Aksara.
Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218–224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261
Nurkholis, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 1(01), 10–21. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i01.1186
Saragih, A. K., Manik, N. S., & Samosir, R. R. Y. B. (2021). Hubungan Imajinasi dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 10(2), 100.
Setiawan, K. E. P., & Zyuliantina, W. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Status dan Komentar di Facebook. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 96–109. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i1.2605
Supriadin. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(4), 607.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Risa Nabila, Aizzatur Rifqoh; Azizah Rachmayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License