Pengaruh Metode Field Trip Berbasis Budaya Batik Khas Solo terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Al Muayyad Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.22515/tabasa.v5i01.7611Abstract
The ability to write news articles is an essential skill that students must possess. Learning by inviting students to observe objects directly makes students more able to develop their ideas and creativity. Solo is a city that is synonymous with batik culture. This research was conducted to investigate the impact of applying a field trip method focused on the cultural batik of Solo on the news writing skills of eighth-grade students at Al Muayyad Junior High School in Surakarta. This study employs a quasi-experimental approach with a non-equivalent control group design, involving pretests and posttests. There are two classes: the experimental class and the control class. The experimental class was conducted using the field trip method by inviting students to explore the Laweyan batik village, while the control class was conducted with non-field trip learning. Data collection was carried out through tests that assess learning outcomes or projects after giving the action. The results showed that there was a significant effect of the field trip method based on the typical Solo batik culture on the ability to write news texts for the VIII grade students of SMP Al Muayyad Surakarta. Cohen's d analysis shows that the effect is quite large. Students in the field trip class have significantly higher news writing skills than those in the non-field trip class.
Keterampilan menulis berita adalah salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai oleh siswa. Pembelajaran dengan mengajak siswa mengamati objek secara langsung membuat siswa menjadi lebih bisa memgembangkan ide dan kreatifitasnya. Solo merupakan kota yang identik dengan budaya batik. Penelitian ini dilaksanakan untuk menginvestigasi dampak penerapan metode field trip yang berfokus pada budaya batik khas Solo terhadap kemampuan menulis berita siswa kelas VIII di SMP Al Muayyad Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental kuasi dengan desain kelompok kontrol non-setara, melibatkan pengujian awal dan pengujian akhir. Terdapat dua kelas, eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen dilaksanakan dengan menerapkan metode field trip dengan mengajak siswa menjelajah kampung batik Laweyan, sedangkan kelas kontrol dilakukan dengan pembelajaran non field trip. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang mengukur hasil belajar atau proyek setelah pemberian tindakan. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan metode field trip berbasis budaya batik khas Solo terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Al Muayyad Surakarta. Analisis d Cohen menunjukan efeknya tergolong besar. Siswa di kelas field trip memiliki kemampuan menulis berita yang jauh lebih tinggi daripada di kelas non field trip.
Downloads
References
Arianti, F. F., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Flipped Classroom Dan Aplikasi Schoology: Analisis Keterampilan Menulis Teks Biografi. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 165–186. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2591
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rieneka Cipta.
Ariyana, Ramdhani, I. S., & Sumiyani. (2020). Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356–370.
Didik, S. (2021). Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Ngantru. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 487–496.
Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sma Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685
Fadilah, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Longat Panyabungan Barat. Jurnal Edukasi Kultura, 1(7), 1–7.
Juwayni, M. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Metode Field Trip pada Siswa Kelas VIII A MTs As-Suwitamiyah Cibeureum. Pendidikan Mutiara, 5(1), 51–72. https://stkipmutiarabanten.ac.id/wp-content/uploads/2021/04/Volume-5-Nomor-1-1-September-2019.pdf
Khairunnisa. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Menggunakan Metode Field Trip. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 617–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.6204338
Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364
Mahargyani, A. D., Waluyo, H. J., & Saddhono, K. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Sekolah Dasar. Basastra : Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 138–152. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.724
Permatasari, D., & Wikanegsih. (2018). Pengaruh Metode Karyawisata (Field Trip) terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Karawang Tahun Ajaran 2017/2018. Parole, 1(5).
Pratiwi, A., Amral, S., & Sumiharti. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII/B MTS Negeri Sijenjang Kota Jambi Tahun 2016/2017. Aksara, 1(25).
Pratiwi, E. F. P., & Hindun. (2022). Keterampilan Menulis Deskripsi Nilai Moral Film Pendek “Ketangen” Karya Dewan Kesenian Bangka Barat Pada Siswa Kelas XI SMAN 5 Tangerang Selatan. Tabasa: Jurnal Bahasa Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 3(2), 123–134. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57953%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/57953/1/11160130000021_Euis Fajriyani Putri Pratiwi.pdf
Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–11.
Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika, 3(1), 27–42.
Rifqiawati, I., Wahyuni, I., & Rahman, A. (2017). Pengaruh metode field trip dengan pemanfaatan rumpon buatan terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah di SMP Satu Atap Pulau Tunda. Biodidaktika Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 12(1), 23–30.
Salfera, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VII. Pendidikan Indonesia, 3(2), 32–43.
Sanita, S., Marta, R., & Nurhaswinda, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Field Trip. Journal on Teacher Education, 2(1), 239–246. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1224
Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. https://scholar.google.co.id
Sianturi, R. A. (2014). Penerapan Metode Edutainment dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(4), 229–236.
Singkali, R., & Azis, I. (2022). Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa SMA Negeri 1 Toraja Utara. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 89–95.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulaeman, A., & Ariyana, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian
Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 17–27. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.201
Sumarwati, Suryanto, E., Slamet, & Wati, M. A. (2021b). Field Trip and Its Effect on Traditional Ecological Knowledge Literacy During the COVID-19 Pandemic in Rural Primary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 688. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.39870
Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 65. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Tika Yulianti. (2014). Efectivities Implementation Field Trip Method To Increase Learning Outcomes And Student Awarness Of Environmental. Coastal And Estuarine Processes, 3(1), 1–360.
Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1503/1/012045
Widodo, M. (2019). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V-B MIN Wonosari Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(1), 35–48. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.41-04
Wu, K. (2011). Quality Implementation (QI). Gramedia Pustaka Utama.
Yustriyana, Mustaji, & Nasution. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata Subtema Pengalaman Yang Berkesan Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1).
Zulela, M., Siregar, Y., Rachmatullah, R., & Wardhani, P. (2017). Keterampilan Menulis Narasi melalui Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112–123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nindy Advianturi, Ahmad Alfi, Kaito Murayama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License