Analisis Keterbacaan Grafika dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas X SMA/SMK pada Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.22515/tabasa.v5i01.9116Keywords:
textbook, measusing graph, merdeka curriculum, buku ajar, mengukur grafik, kurikulum merdekaAbstract
There are four book quality standards set by BSKAP, material standards, presentation standards, design standards and graphic standards. Independent curriculum textbooks can be evaluated based on these criteria. However, it is not easy to get high quality books that meet BSKAP standards. The aim of this research is to explain whether the Indonesian language textbooks for class The method used in this research is descriptive quality. The source of this data comes from an Indonesian language textbook written by Pipit Dwi Komariah for class X SMA/SMK, published by Erlangga Curriculum Merdeka. The results of the research regarding the suitability of book graphics fall into the category of being quite decent and meeting the quality standard criteria, but there are inconsistencies in the layout or coastline. Even though the independent curriculum has been implemented, this textbook can be used as teaching material.
Ada empat standar kualitas buku yang ditetapkan oleh BSKAP, standar materi, standar penyajian, standar desain, dan standar grafika. Buku teks kurikulum merdeka dapat dievaluasi berdasarkan kriteria ini. Namun, tidak mudah mendapatkan buku berkualitas tinggi yang memenuhi standar BSKAP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah buku teks bahasa Indonesia kelas X SMA/SMK yang diterbitkan oleh Pipit Dwi Komariah, yang diterbitkan oleh Erlangga kurikulum Merdeka, memenuhi standar kualitas buku teks menurut BSKAP dan mengetahui IKM dengan buku teks di MA Negeri Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitas. Sumber data ini berasal dari buku teks bahasa Indonesia yang ditulis oleh Pipit Dwi Komariah untuk kelas X SMA/SMK, yang diterbitkan oleh Erlangga kurikulum Merdeka. Hasil penelitian tentang kelayakan grafik buku yang termasuk ke dalam kategori cukuplah layak dan memenuhi kriteria standar mutu, tetapi ada ketidak konsisten dalam tata letak atau pesisir. Meskipun kurikulum merdeka telah diterapkan, buku teks ini dapat digunakan sebagai bahan ajar.
Downloads
References
Anggraini, A & Syahbrudin, J. (2021). Pentingnya Pengembangan Buku Ajar Statistika Berbasis Praktik Penyelesaian Masalah dalam Penelitian Masalah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 17–26. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657108
Djuwita, P. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Nilai dan Lingkungan. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(1).
Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar Untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).
Febrianti, Dhini. (2023). Analisis Kesesuaian Standar Mutu Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Dengan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah Aliah Negeri Sukoharjo. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
Huda, Miftakhul dkk. (2021). Higher Order Thinking Skills (Hots) dalam Materi dan Soal Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemendikbud RI. PRASI Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, Vol. 16 No. 2 Desember 2021, 128-143. Doi 10.23887/prasiv16i02.40671.
Kemdikbudristek. (2021). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jakarta.
Kemdikbudristek. (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta.
Kemdikbudristek. (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2022 Tentang Penilaian Buku Pendidikan. Jakarta.
Kemdikbudristek. (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Standar Mutu Buku, Standar Proses dan Kaidah Pemerolehan Naska, serta Standar Proses dan Kaidah Penerbitan Buku. Jakarta
Kemdikbudristek. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta.
Kemdikbudristek. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka 2022 Kemdikbud RI. Jakarta.
Prihatinah, Esti. (2012). Keterbacaan Wacana dalam Buku Teks Marsudi Basal an Sastra Jawa Anyar Kelas VIII untuk Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Su’udiah, F., Degeng, I.N.S., Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 1 Nomor: 9 September 2016, 1744-1748. Doi 10.17977/jp.v1i9.6743.
Mukhlis, M., Asnawi, A., & Rasdana, O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 97–102. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.39120
Mukhlis, M., Widyaningrum, dkk (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 109–120. https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8262
Tarigan, H. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. In Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nafa Shahamah, Hafshah Shalihat, Ika Martanti Mulyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License