BIMBINGAN MENTAL MELALUI TEKNIK REFRAMING PADA NARAPIDANA MENJELANG MASA BEBAS TAHANAN

Authors

  • Dwi Cahyaningrum Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia
  • Supandi Supandi Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/ajpc.v1i1.2408

Keywords:

bimbingan mental, teknik reframing, narapidana menjelang masa bebas tahanan

Abstract

Bimbingan mental melalui teknik reframing merupakan sebuah metode pemberian bantuan atau pertolomgan yang diberikan seseorang kepada orang lain yang memiliki sebuah masalah batin dengan mengubah pandangan yang negative ke pandangan positif. Dilakukannya bimbingan mental melalui teknik reframing guna untuk mengembalikan kualitas mental narapidana kususnya narapidana menjelang masa bebas tahanan, agar narapidana kembali kejalan yang benar dan tidak mengulangi perbuatannya kembali. Penelitian ini menggunakan metode Diskriptif Kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Rumah Tahanan Kelas I Surakarta melakukan bimbingan mental pada Narapidana Menjelang Masa Bebas Tahanan agar kualitas mental narapidana menjelang masa bebas tahanan kembali membaik.

References

Arif, R. (2016). Pembinaan Fisik dan Mental Narapidana Bernasis Hak Asasi Manusia. Jakarta: PT. Pohon Cahaya.

Bradley, E. (2017). 40 Teknik yang Harus diketahui Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratih, D. A. (2015). Penerapan Konseling Kelompok Menggunakan Strategi Reframing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2. Jurnal BK Unnesa, 5(3).

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Cahyaningrum, D., & Supandi, S. (2020). BIMBINGAN MENTAL MELALUI TEKNIK REFRAMING PADA NARAPIDANA MENJELANG MASA BEBAS TAHANAN. Academic Journal of Psychology and Counseling, 1(1), 27–34. https://doi.org/10.22515/ajpc.v1i1.2408

Citation Check