PROBLEMATIKA BIMBINGAN DAN KONSELING BIDANG SPIRITUAL PESERTA DIDIK SMA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR)
DOI:
https://doi.org/10.22515/ajpc.v1i2.3126Keywords:
Guidance and Counseling, Student, SpiritualAbstract
Downloads
References
Amin, M., Fridani, L., & Marjo, H. K. (2019). Penerapan Pendekatan Konseling Islami untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik SMA Negeri 15 Jakarta. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 5 (2): 193-210.
Aqilah, F. N., Mujahidin, E., & Rahman, I. K. (2020). Pendekatan Bimbingan dan Konseling Gestalt Profetik (G-Pro) untuk Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa di SMA Ibnu ‘Aqil. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 9 (1): 99-126.
Ardiningsih, D., Djunaedi, & Tjala, A. (2012). Pengaruh Metode Mind Map terhadap Pemahaman Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas X SMA Negeri 104 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 1 (2): 89-93.
Bahiroh, S. & Suud, F. M. (2020). Model Bimbingan Konseling Berbasis Religiusitas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol. 4 (1): 31-50.
Darminto, E., Lukitaningsih, R., Warsito, H., & Yunita, E. (2013). Penerapan Spiritual Emotional Freedom Technique dalam Bimbingan Kelompok untuk Menurunkan Kecemasan Siswa SMA dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal BK Unesa. Vol. 03 (1): 291-297.
Daryono, dkk. (2014). MODEL PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DI SMA. Vol. 3(2).
Diananda, Anita. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Vol. 1 (1): 1979-2824
Faith, Dwi Bhakti Indri M. (2016). Keefektivan Konseling Kelompok Teknik Spirituality Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Self Esteem peserta didik. Psikopedagogia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol. 5 (2): 117-123.
Farid, Achmad. (2015). Model Bimbingan Konseling Islam Anwar Sutoyo dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 6 (2): 381-400.
Francis & Baldesari (2006). Systematic Rewiews of Qualitatove Literature. Oxford: UK Cochrane Centre.
Gustini, Neng. (2016). Bimbingan dan Konseling Melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Vol. 1 (1): 1-14.
Hadi, Syamsul, dkk. (2020). Systematic Review: Meta Sintesis Untuk Riset Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Vivavictory Abadi.
Hanim, W., Noviri, E., Setiawaty, D., & Wijayanti (2013). Gambaran Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa SMK Insan Global Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 2 (2).
Harisa, Arizka. (2019). The Influence of Counseling Guidance and Spiritual Intelligence in Developing Students' Islamic Personality. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 5 (1): 75-86.
Jumpanon, P., Mekkhachorn, N., Ranong, L. N., & Rerkjaree, S. (2019). Integrative Group Counseling Model for Developing Spiritual Intelligence of Senior High School Students Demonstration Schools in the North East. PSAKU International Journal of Interdisciplinary Research. Vol. 8 (2): 78-87.
Kurniawan, Luky. (2015). Pengembangan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif di SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Vol.1 (1): 1-8.
Mawarni, S., Rosmawati, & Yakub, E. (2016). Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2014/2015. JOMFKIP: Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNRI. Vol. 3 (1): 1-11.
Mirnawati, Lilik Binti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreativitas Mahapeserta didik Semester I PGSD UM Surabaya pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. Vol. 6 (1).
Muhid, A., Sulifan, Y., & Suroso (2014). Efektifitas Terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) untuk Mengurangi Perilaku Merokok Remaja Madya. Jurnal Psikologi Tabularasa. Vol. 9 (1): 86-95.
Novitasari, Yuni, dkk. (2017). Perbandingan Tingkat Spiritualitas Remaja Berdasarkan Gender dan Jurusan. Vol. 1 (2): 163-178.
Octiana, Intan Badillah. 2019. “Bimbingan Mental Spritual Bagi Remaja Putus Sekolah Terlantar di Panti Pelayanan Sosial Anak “Wira Adhi Karyaâ€Ungaranâ€. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Perry, A. & Hammond, N. (2002). Systematic Review: The Experience of a PhD Student. Psychology Learning and Teaching.
Rini, A. S. & Wardiana, U. (2019). Pengaruh Relaksasi Meditasi Gelembung Pikiran terhadap Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa SMA/Sederajat Kelas XII di Tulungagung. Happines: Journal of Psychology and Islamic Science. Vol. 3 (1): 9-18.
Ruhansih, Dea Siti. (2017). Efektivitas Strategi Bimbingan Teistik untuk Pengembangan Religiusitas Remaja (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). Quanta Journal. Vol. 1 (1): 1-10.
Siswanto. (2010). Systemic Review sebagai Metode Penelitian untuk Mensintesis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Surabaya: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan.
Subandi. (2012). Psikoterapi Pendekatan Konvensional dan Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zaitun. (2015). Islamic Intervention Program Model Reduction of Bulyying Behavior at Senior High Schools Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1 (3): 421-445.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Ma’rifatin Indah Kholili, Dinda Kamalia Mutiara Dewi, Kus Puji Santosa Edo Widiantaka, Rizqi Khanifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.