Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dI Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820Abstract
Pandemi covid 19 yang terjadi saat ini mempunyai dampak dalam berbagai bidang baik ekonomi, kesehatan, social, keamanan termasuk pendidikan. Dampak pada bidang pendidikan yakni diterapkan pembelajaran jarak jauh dengan media online. Hal ini menuntut guru untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam penentuan system pembelajaran yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi-inovasi pembelajaran pada masa pandemi covid 19 di PAUD Inklusi Saymara Kartasura. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tempat penelitian di PAUD Inklusi Saymara Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi tentang implementasi inovasi-inovasi pembelajaran selama pandemi covid 19, dimana pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Inovasi-inovasi pembelajaran di PAUD Inklusi Saymara ini dilakukan dengan tujuan untuk tetap menjaga kualitas pembelajaran dan perkembangan peserta didik. Inovasi-inovasi yang dilakukan yakni 1) Inovasi Perencanaan Pembelajaran, 2) Pembelajaran daring via Whatsapp Grup, 3) Pembelajaran daring via Google Classroom atau google kelas, 4) Home visit, 5) Pembelajaran luring dengan system rolling, 6) Evaluasi Perkembangan anak via google form.
Â
Keywords: Learning innovation, early childhood education, covid pandemic 19Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.