Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dI Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Mila Faila Shofa IAIN Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820

Abstract

Pandemi covid 19 yang terjadi saat ini mempunyai dampak dalam berbagai bidang baik ekonomi, kesehatan, social, keamanan termasuk pendidikan. Dampak pada bidang pendidikan yakni diterapkan pembelajaran jarak jauh dengan media online. Hal ini menuntut guru untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam penentuan system pembelajaran yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi-inovasi pembelajaran pada masa pandemi covid 19 di PAUD Inklusi Saymara Kartasura. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tempat penelitian di PAUD Inklusi Saymara Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi tentang implementasi inovasi-inovasi pembelajaran selama pandemi covid 19, dimana pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Inovasi-inovasi pembelajaran di PAUD Inklusi Saymara ini dilakukan dengan tujuan untuk tetap menjaga kualitas pembelajaran dan perkembangan peserta didik. Inovasi-inovasi yang dilakukan yakni 1) Inovasi Perencanaan Pembelajaran, 2) Pembelajaran daring via Whatsapp Grup, 3) Pembelajaran daring via Google Classroom atau google kelas,  4) Home visit,  5) Pembelajaran luring dengan system rolling, 6) Evaluasi Perkembangan anak via google form.

 

Keywords: Learning innovation, early childhood education, covid pandemic 19

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-03

How to Cite

Shofa, M. F. (2020). Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dI Masa Pandemi Covid 19. Buana Gender: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 86–96. https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820

Issue

Section

Articles

Citation Check