METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK AISYIYAH SIDOHARJO KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.22515/bg.v3i2.3289Keywords:
social, emosional, childAbstract
Permasalah dalam penelitian ini terdapat beberapa anak belum mencapai tingkat perkembangan sosial emosional sesuai standar yang ada, terdapat anak yang sering berebut dan melawan ucapan guru, tidak mendengarkan nasehat guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan aspek sosial emosional anak usia dini di TK Aisyiyah Sidoharjo tahun pelajaran.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di TK Aisyiyah Sidoharjo dilaksanakan pada bulan Juli 2017 sampai dengan September 2017. Subjek penelitian ini adalah guru kelas kelompok B. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dan guru kelompok A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisisnya menggunakan model analisis data interaktif, tahap yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TK Aisyiyah Sidoharjo mengembangkan aspek sosial emosional anak usia dini melalui beberapa metode yaitu metode cerita, metode keteladanan, metode bernyanyi dan metode demonstrasi. Metode cerita dan metode keteladanan digunakan untuk mengembangkan aspek emosional. Metode demonstrasi digunakan untuk mengembangkan aspek sosial merawat diri.
References
Gunarti, Winda. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka.
Kemendikbud. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2013). Pengembangan 5 Aspek Kemampuan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud.
Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Najib, dkk. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Nugraha, Ali. (2006). Metode Pengembangan Sosial Emosional, Jakarta: Universitas Terbuka.
Rahayu, Aprianti Yofita. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri melalui Kegiatan Bercerita, Jakarta: Indeks.
Prastowo, Andi. (2014). Metode Penelitian Kualitataif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Sapendi. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Online),Vol.9,(http://jurnallainpontianak.or.id/indexphp/atturts/article/download/313/265//), diakses 21 Oktober 2017.
Sujiono, Yuliana Nuraini., & Sujiono, Bambang. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Syahidin. (2001). Metode Pendidikan Qurani Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Misaka Galiza.
Wiyani, Novan Ardy. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.