UPAYA MENINGKATKAN ASPEK BAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI BERMAIN PERAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II REMBANG
DOI:
https://doi.org/10.22515/bg.v3i2.3291Keywords:
Language aspects of early childhood, role playing method, group BAbstract
ABSTRACT
Nur Izzatun Nikmah, Upaya Meningkatkan Aspek Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Bermain Peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Rembang
Â
The problem in this study is whether the use of role playing methods can improve the language aspects of early childhood in communicating in group B at Aisyiyah Bustanul Athfal II Kindergarten, Rembang. The purpose of this study was to improve the language aspects of early childhood in communicating through the macro role playing method of Group B at Aisyiyah Bustanul Athfal II Kindergarten, Rembang.
The research subjects who carried out the research action were group B teachers and the researchers collaborated. In this study the research subjects who received the action were the children of group B. The number of children in group B was 20 children. Data were collected using interviews, observation, and documentation. The collected data were analyzed using an interactive analysis model. The success of this research is marked by the following performance indicators, learning is said to be successful if the child's communication ability from cycle I to cycle II has increased by 15%. The research was carried out by means of (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection.
The results of this study can be concluded that the development of the language aspects of children in group B communication through role playing in Aisyiyah Bustanul Athfal II Kindergarten, Rembang, experienced significant development or improvement in each cycle. From cycle I and cycle II it has increased by 15% from 65% to 80%. After implementing siroh learning with the role playing method.
Keywords: Language aspects of early childhood, role playing method, group B
Â
ABSTRAK
Â
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan aspek bahasa anak usia dini dalam berkomunikasi pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Rembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aspek bahasa anak usia dini dalam berkomunikasi melalui metode bermain peran makro kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Rembang.
Subjek penelitian yang melaksanakan tindakan penelitian adalah guru kelompok B dan peneliti ikut berkolaborasi. Dalam penelitian ini subjek penelitian yang menerima tindakan adalah anak-anak kelompok B. Jumlah anak-anak kelompok B adalah 20 anak. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan model analisis interaktif. Keberhasilan penelitian ini ditandai dengan indikator kinerja sebagai berikut pembelajaran dikatakan berhasil apabila kemampuan berkomunikasi anak dari siklus I dengan siklus II mengalami peningkatan 15%. Penelitian dilaksanakan dengan prosedur (1)perencanaan, (2)pelaksanaan, (3)pengamatan, dan (4)refleksi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan aspek bahasa anak dalam berkomunikasi kelompok B melalui bermain peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Rembang, mengalami perkembangan atau peningkatan yang signifikan tiap siklusnya. Dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 15% dari 65% menjadi 80%. Setelah dilaksanakan pembelajaran siroh dengan metode bermain peran.
Kata Kunci : Aspek bahasa anak usia dini, metode bermain peran, kelompok B
Downloads
References
Aisyah, Siti. 2007. Pembelajaran Terpadu. Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi.1997.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung:Remaja Rosdakarya
Chaer,Abdul.2003.Psikolinguistik Kajian Teoritik.Jakarta: Rineka Cipta
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Hartati, Sofia. 2007. How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother. Jaksel: Enno Media
Hasan, Maimunah. 2009. PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini). Yogjakarta: Diva Press
Hurlock, B.E.1978.Perkembangan Anak.Jakarta:Erlangga
Ismail, Andang. 2009. Educatin Games: Panduan Praktis yang Menjadikan Anak- Anak Cerdas, Kreatif, dan Sholeh. Yogyakarta: Pro U Media
Madyawati,Lilis.2016.Strategi Pengembangan BAhasa Pada Anak. Jakarta:Prenadamedia
Makruf, Imam, (2011), Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis Bagi Guru Profesional, Surakarta: Tarbiyah IAIN Surakarta.
Muslich, masnur. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah(Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional, Jakarta:Bumi aksara
Mutiah,Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini.Jakarta:Kencana
Soegeng, Santoso. 2006. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Soetjiningsih.2004.Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta:Sagung Seto
Suhartono, 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: DepartemenPendidikan Nasional
Sujiono Nurani Yuliani. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka. 2006.
Suyadi.2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas.Jogjakarta:Diva Press
Tedjasaputra,Mayke S. 2001. Bermain, Mainan,dan Permainan. Jakarta: Grasindo
Wiyani,Novan Ardy& Barnawi. 2014.Format PAUD(Konsep, Karakteristik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini).Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Yudha, S. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Yusuf, Syamsu. 2000.Psikologi Perkembangan.Bandung:Remaja Rosda Karya
Riri, Delfita.2015.Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar Dalam Bak Pasir Di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang, Jurnal Publikasi (online), Vol. 1 No. 1, (http://eprints.ums.ac.id/22927/9/PUBLIKASI.pdf PDF, diakses 23 November 2016).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.