PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK DI PAUD DWP IAIN SURAKARTA

Authors

  • Qurotul A'yuni RA Nurul Hikmah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/bg.v3i2.3296

Keywords:

linguistic, telling story, child

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang pengembangan linguistik anak usia dini menggunakan metode bercerita di PAUD DWP IAIN Surakarta. Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang dapat dikembangkan bahkan sejak dalam kandungan. Salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak adalah dengan membacakan cerita pada anak. Namun, kegiatan bercerita masih belum maksimal dilaksanakan di lembaga pendidikan anak usia dini, terutama bagi kalangan sekolah menengah ke bawah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode bercerita untuk mengembangkan linguistik anak usia dini di TK DWP IAIN Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pengembangan linguistik di PAUD DWP IAIN Surakarta adalah supaya anak dapat berkomunikasi dengan orang lain secara nyaman dan anak dapat mengungkapkan apa yang ada dalam fikiran anak dengan nyaman. Adapun langkah kegiatan bercerita yang dilakukan guru ialah apersepsi, membaca cerita dengan nyaring, anak menceritakan ulang, tanya jawab dengan anak.

References

Afnida, Mutia., & Fitriani, Dewi. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Pengembangan Bahasa Anak pada TK A Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PAUD, 1 (3).

Aprianti. (2013). Meningkatkan Kreativitas Gambar Anak Melalui Melukis Pasir Di Atas Kaca Pada Kelompok B Tk Satu Atap Padang Kurawan Bengkulu Selatan. Skripsi. Universitas Bengkulu.

Arif, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Islam. Jakarta: Ciputar Pers.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2015). Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Banguntapan Yogyakarta: DIVA Pers.

Fitriastuti, Dina. (2014). Upaya Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di TK RA Muslimat Gumul Karangnongko Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Gardner. (2004). Cara Menerapkan Multiple Intelligences: Teori Intelligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Kemendikbud. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud

Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Musfiroh, Tadkirotun. (2008). Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nuryanto, Sidik.(2016). Penggunaan Metode Read Aloud untuk Mendongeng pada Anak usia Dini. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 1 (1).

Prastowo, Andi. (2014). Metode Penelitian Kualitataif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Rahimah, Febri Yuridnir., & Rukayah., & Hadiyah. (2015). Implementasi Metode Read Aloud untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Nur Rahimah Banjarbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Kumara Cendikia: Jurnal Pendidikan Anak usia Dini, 3, (2).

Soetjiningsih. (2012). Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta : Sagungseto.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Syamsu, Yusuf. (2001). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Waluya, Teguh. (2013). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Kelompok A TK Sandhy Putra Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wijayani, Novan Ardi. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2022-01-27

Issue

Section

Articles

Citation Check