PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PROGRAM FULLDAY SCHOOL DI PAUD MEKAR BUDI KARANGANYAR

Authors

  • Khasan Ubaid Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/bg.v4i2.3421

Keywords:

Early childhood independence, Full day school program

Abstract

Abstract

The study shows the implementation of Full day School Program as a means of promoting early childhood independence in Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) or Early Childhood Education and Development (ECED) Mekar Budi Karanganyar. Habitual behaviour and modelling are two methods chosen by the teachers to instil independency among children. The methods include activities such as eating etiquette, speaking and playing etiquette, and cultural etiquette. The activities aim to encourage children to follow such positive behaviours and in turn perform those behaviours whenever and wherever they are.

Abstrak

Kajian ini menunjukan bahwa Pengembangan kemandirian anak usia dini di PAUD Mekar Budi Karanganyar, dimanifestasikan dalam penerapan program fullday school. Kegiatan pengembangan kemandirian ini dilakukan melalui metode pembiasaan dan keteladanan (modelling), yang mana kegiatan pembiasaan ini dilakukan setiap harinya oleh semua guru selama berada di lingkungan sekolah. Pembiasaan tersebut diantaranya berupa adab makan, adab berpakaian, adab berbicara adab bermain, adab budaya dan lingkungan, dengan harapan anak akan mengikuti kebiasaan positif tersebut sehingga pada giliranya anak akan menerapkan kebiasaan positif itu dimanapun mereka berada.

References

Baharudin. (2010). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Barnawi, N.A. (2014). Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.

Hasan, N. (2006). Fullday School (Model Pendidikan Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing). Tadris

Hazizah, Nur. (2017). Fullday School Sebagai Peluang Dan Tantangan PAUD Masa Depan. Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini

Jannah, K. D. (2013). Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Assalam Surabaya. Pendidikan Manajemen Islam.

Siregar, L. Y. (2017). Fullday School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Pendidikan dan Manajemen Islam.

Sulistyasih, E. (2016). Ibu Sebagai Pembentuk Kemandirian Anak Usia dini.

Syukur, Basuki, Fullday school harus proporsional sesuai jenis dan jenjang sekolah. http:/www.SMKN1lmj.sch.id, dalam www.google.com diakses pada Senin, 15 januari 2018

Umama. (2016). Pojok Bermain Anak. jogjakarta: Stiletto Book.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiyani, N. A. (2015). Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2021-02-22

Issue

Section

Articles

Citation Check