Pengaruh Citra Merek, Suasana Toko, dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat Beli Ulang melalui Kepuasan Pelanggan di Mie Gacoan Cabang Kartasura
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22515/literasi.v4i2.10959Keywords:
Brand Image, Store Atmosphere, Service Quality, Repurchase Intention, Customer SatisfactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memediasi pengaruh Citra Merek, Suasana Toko, dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat Beli Ulang pada konsumen Mie Gacoan Cabang Kartasura. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi pada seluruh konsumen Mie Gacoan Cabang Kartasura dan sampel sebanyak 105 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoener dianalisis dengan bantuan Smart PLS Versi 4 dengan tujuan untuk membuktikan dan menganalisis data yaitu uji outer model dan inner model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa suasana toko tidak berpengaruh posisif dan signifikan terhadap niat beli ulang serta tidak dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Sedangkan citra merek dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta niat beli ulang pada konsumen Mie Gacoan Cabang Kartasura.
Downloads
References
Aaker, D. (1997). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Spektrum Mitra Utama.
Amany, I. A. D., Tr, S. M., Handrijaningsih, L., & Anisah. (2022). Implementasi Citra Merek, Kepercayaan Konsumen, Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Shopeepay Di Kota Tangerang Selatan, 16(November), 38–54.
Andrian, M. F., Indayani, L., & Yani, M. (2024). Analisis Kualitas Produk, Variasi Produk, Dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Mie Gacoan Krian Sidoarjo. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (Costing), 7(3), 4621–4638. Https://Doi.Org/10.31539/Costing.V7i3.8996
Andy, A., Putra, P., Manajemen, P. S., & Sidoarjo, U. M. (2024). Interests Of Indomaret Porong Branch Peran Pengalaman Pelanggan , Citra Merek Dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Indomaret Cabang Porong. 5(2), 4082–4107.
Armahadyani. (2018). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Makan Pa’mur Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 3(2). Https://Doi.Org/10.36805/Manajemen.V3i2.253
Armanto, R., Gunarto, M., & Waluyo, R. (2023). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Resto Padang Di Kota Palembang. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 4(3), 350–361. Https://Doi.Org/10.47747/Jbme.V4i3.1354
Casmira, S. M., & Talumantak, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ojju K-Food Mall Kota. 10(2), 1–14.
Desti, P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Direktorat Progam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang, 87(1,2), 149–200.
Ekaprana, I. D. G. A., Jatra, I. M., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 2895. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p01
Erni Widiastuti, D. N. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Mie Gacoan Cabang Solo Baru. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(04), 343–354. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/8174
Nugrahaeni, M., Guspul, A., & Hermawan, H. (2021). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 230. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i2.4651
Prabowo, S. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(7), 155–126.
Rahayu Tri Astuti, S. (2013). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Rohmatul Hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This ejournal system and it's contents licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License