Menghadapi Tantangan Literasi di Berbagai Usia: Tantangan, Strategi dan Inovasi Pendidikan Literasi di Usia Dini
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22515/literasi.v5i1.10960Keywords:
literasi, pendidikan literasi, inovasi pendidikan, strategi pembelajaran, teknologi digital.Abstract
Tantangan literasi di berbagai kelompok usia menjadi isu yang semakin relevan di era informasi, di mana akses terhadap pengetahuan dan keterampilan literasi mempengaruhi kualitas hidup dan partisipasi sosial individu, untuk mngenalkan pentingnya literasi kita dapat mengawalinya dari usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi, inovasi, dan pendidikan literasi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan literasi yang dimulai dari usia dini. Melalui kajian literatur, penelitian ini mengidentifikasi pendekatan yang paling sesuai dan berkelanjutan untuk diterapkan kepada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan literasi yang adaptif, yang memanfaatkan teknologi digital serta melibatkan metode pembelajaran interaktif, mampu meningkatkan keterampilan literasi secara signifikan pada semua kelompok usia. Selain itu, penelitian ini memberikan rekomendasi untuk para pendidik, pembuat kebijakan, dan komunitas dalam mengembangkan program literasi yang responsif terhadap kebutuhan dan tantangan dalam lingkup anak anak usia dini, agar mereka mampu menjadikan literasi sebagai kebutuhan yang penting bagi mereka kelak nanti. Studi ini diharapkan dimulai sejak dini, yang pada akhirnya mendukung pembangunan sosial-ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup seluruh masyarakat nantinya.
Downloads
References
Febrianti, F. A., Febrianti, R., Tetep, & Hermanto, O. (2023). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal
Pendidikan Sekolah Dasar,3(2), 146–151. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/caxra/article/view/942. Diakses 10 November 2023
Mirah Mariati, N,.Dkk. (2022). Inovasi Pembelajaran Literasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di 15 Pemecutan. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 2(2), 78-86. DOI: 10.5281/zenodo.6605945.
Munaimah, rizki. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Baciro GondokusumanYogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 1-11. https://journal.student.uny.ac.id/pgsd/article/viewFile/14086/13615 diakses 10 November 2024
Nurpratiwiningsih, L., Rusdarti, R., Widodo, J., & Sanjoto, T. B. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2023, 448-453. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/download/2163/1646/5713 diakses 10 November 2024
Putri, Melindha,. Darsinah. (2023). Strategi Pengembangan Literasi Baca Tulis (Praliterasi) untuk Menunjang Pengetahuan Anak. Jurnal Obsesi :jurnal pendidikan anak usia dini, 7(3), 3604-3617. DOI: 10.31004/obsesi.v7i3.4799.
Saraswati,. Gunawan Sridiyatmiko. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Proses Pembentukan Karakter. Jurnal Sosialita, 15(1), 127-140.
https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/download/2322/1462 diakses 10 November 2024 Yulia Farikha, Y. Agustanti, A. (2024). Strategi Pengembangan Literasi Melalui Bermain Pada Anak Dini.
LenteraPAUD, 3(1),1-9.
https://jurnal.stitihsanulfikri.ac.id/index.php/eciej/article/download/90/44/211 diakses 10 November 2024.
Zusnita, SY,. Badriyah, L. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Literasi dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta di SD Negeri 4 Pecangaan. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 3(2), 395-
https://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/download/2773/1796 diakses 10 November 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Qonita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This ejournal system and it's contents licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License