Membangun Komunitas Literat Di Era Digital Analisis Kinerja @oyusep Di Instagram
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22515/literasi.v5i1.10961Keywords:
analisis; instagram; literasi digital; python;Abstract
Perkembangan teknologi digital menuntut masyarakat untuk menguasai literasi digital, karena maraknya penyebaran konten negatif dan ancaman kejahatan siber tidak dapat dihindari. Untuk mengatasi hal ini, kampanye literasi digital intensif dan edukasi sejak dini menjadi kunci untuk membentuk masyarakat yang cerdas dan bijak dalam memanfaatkan teknologi. Akun Instagram @oyusep aktif mengkampanyekan literasi digital dan menjadi rujukan bagi banyak orang. Penelitian ini menganalisis kinerja akun Instagram @oyusep dalam mengedukasi literasi digital dengan pendekatan kualitatif dan analisa sains data yang melibatkan pemrograman Python. Hasil penelitian menunjukkan akun ini berhasil membangun komunitas yang cukup besar dan aktif. Konten yang dibagikan pun relevan dan menarik perhatian, namun tingkat keterlibatan pengikut masih rendah. Dengan demikian, akun Instagram @oyusep memiliki potensi besar untuk menjadi sumber informasi terpercaya tentang literasi digital, tetapi perlu adanya perbaikan dan strategi yang tepat untuk meningkatkan efektivitas edukasi literasi digital.
Downloads
References
Aidelia, C., Setia, R., & Hidayati, D. W. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa FISIP UHAMKA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 23–31.
Ameliah, R., Negara, R. A., Minarto, B., Manurung, T. M., & Akbar, M. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022 (V. Zabkie, P. Iswara, & Windarti, Ed.).
Asnawati, Kanedi, I., Utami, F. H., Mirna, & Asmar, S. (2022). Pemanfaatan Literasi Digital Di Dunia Pendidikan Era 5.0. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2, 67–72. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3489
Cahyani, A., Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. A. (2022). Social Media Marketing UKM Chika Furniture Melalui Instagram. Karimah Tauhid, 1(4).
Costa, C. J., & Aparicio, M. (2023). Applications of Data Science and Artificial Intelligence. Applied Sciences (Switzerland), 13(15). https://doi.org/10.3390/app13159015
Dewi, N., Suandi, I., & Sudiana, I. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Sikap Bahasa, dan Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(1).
Fahrezi, M. A., Mushauwir, A. Al, Rahman, W. N., & Fitroh. (2022). Systematic Literature Review: Peran Hashtag dalam Meningkatkan Visibilitas Konten Sosial Media (Studi Kasus: Instagram). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 21(2), 142–153.
Fitra Alfajri, M., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics pada Instagram dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 1–11.
Hidayatullah, F., Farid, M., & Afifah, N. N. (2022). Pemanfaatan Influencer sebagai Media Promosi Pariwisata Sulawesi Selatan pada Akun Instagram @visitsulsel.id. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(02), 272–284.
Jeheskiel, C. A., Aras, M., & Mani, L. (2024). Analisis Social Media Analytics Instagram Alinea Creative Team Terkait Customer Engagement. Action Research Literate, 8(4). https://arl.ridwaninstitute.co.id/index.php/arl
Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187
Kayla Riwanda, J., Joenice Putri, A., Herman, S., Yasser, A., Nicolas Gunadi, A., & Christanti Mawardi, V. (2023). Analisis Sentimen Komentar Pengguna Instagram Terhadap @Jntexpress_Bali dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Infortech, 5(2), 196–201. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech196
Khusma, I., & Oktaviarosa, H. (2023). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial Penggunaan Big Data dalam Pengambilan Keputusan Kebijakan Publik. 03, 2024.
Rahman, R. A. (2023, September 20). Kominfo Tangani 3,7 Juta Konten Negatif Hingga 17 September 2023. https://aptika.kominfo.go.id/2023/09/kominfo-tangani-37-juta- konten-negatif-hingga-17-september-2023/
Raschka, S., Patterson, J., & Nolet, C. (2020). Machine learning in python: Main developments and technology trends in data science, machine learning, and artificial intelligence. Information (Switzerland), 11(4). https://doi.org/10.3390/info11040193
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Surbakti, R. T., & Barus, D. H. N. (2021). Analisa Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pemasaran Kampus. MANNERS, IV(1), 1–10.
UNESCO. (2024, September 17). What You Need to Know About Literacy. https://www.unesco.org/en/literacy/need-know
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Haya Nur Fadhilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This ejournal system and it's contents licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License