Steak Solo dalam Lensa Media Sosial aplikasi Instagram: Pengaruh Fear of Missing Out (FOMO) terhadap Preferensi Konsumsi Generasi Muda di Solo
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22515/literasi.v5i1.10963Keywords:
(FOMO,konsumsi, Instagram,generasi muda, pemasaran digital, trends)Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh Fear of Missing Out (FOMO) terhadap preferensi konsumsi generasi muda di Solo, dengan fokus pada restoran Solo Steak yang menggunakan Instagram sebagai salah satu alat promosi. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dan diterapkan dengan pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert kepada 96 responden berusia 18-30 tahun yang merupakan pengguna aktif Instagram. Menggunakan teknik analisis data regresi linier untuk mengukur pengaruh FOMO terhadap perilaku konsumsi generasi muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FOMO berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumsi, yang dipicu oleh promosi dari akun instagram Solom Steak dan tren yang saat ini muncul di media sosial. Selain itu, penggunaan Instagram dalam strategi pemasaran termasuk kolaborasi dengan influencer, terbukti efektif dalam menarik perhatian konsumen generasi muda dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya media sosial dalam membentuk preferensi konsumsi dan perilaku pembelian di kalangan generasi muda.
Downloads
References
Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2019). Metode-Penelitian-Bisnis-Kuantitatif-Dan-Kualitatif. In CV. Noah Aletheia (Vol. 1, Issue 1).
Asiva Noor Rachmayani. (2015). Metode Penelitian Kualitatif.
Astuti, N. A., & Pratiwi, A. (2024). Pengaruh FOMO ( Fear of Missing Out ) , Shopping Lifestyle , dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying ( Survey pada Mahasiswa Konsumen E-commerce Shopee di Universitas Slamet Riyadi Surakarta ). 2(1), 540–562.
Azhari, A. R., & Wahyudi, R. (2020). Analisis Kinerja Perbankan Syariah di Indonesia : Studi Masa Pandemi Covid-19 Allselia. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 10(2), 96–102.
Dinh, T. C. T., & Lee, Y. (2022). “I want to be as trendy as influencers” – how “fear of missing out” leads to buying intention for products endorsed by social media influencers. Journal of Research in Interactive Marketing, 16(3), 346–364. https://doi.org/10.1108/JRIM-04-2021-0127
Grönroos, C. (2024). Service-informed marketing reform. Journal of Services Marketing, 38(10), 32–43. https://doi.org/10.1108/JSM-04-2024-0168
Hidayatulloh, A., Kristiana, R. D., Prabowo, A., H, A. G., Muflihati, I., & Suhendriani, S. (2022). Penerapan online & offline marketing terstruktur serta perbaikan desain kemasan guna meningkatkan daya saing UMKM King Keripik di Kabupaten Batang. 5(1).1-12(2021-06–16), 2022-05–09. https://doi.org/https://doi.org/10.31258/raje.5.1.1-12 Received:
Rika Widianita, D. (2023). hubungan antara Fear of out (FOMO) dengan sosial comprison pada mahasiswa pengguna instagram. In AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam: Vol. VIII (Issue I).
Safitri, A. F., & Rinaldi, R. (2023). Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi Pembeli Barang Diskon Aplikasi Shopee. Ahkam, 2(4), 727–737. https://doi.org/10.58578/ahkam.v2i4.1987
Song, S., & Yoo, M. (2016). The role of social media during the pre-purchasing stage. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 7(1), 84–99. https://doi.org/10.1108/JHTT-11-2014-0067
Sutinen, U. M., Luukkonen, R., & Närvänen, E. (2024). “Tag a person who loves candy” – sociocultural approach to unhealthy food marketing to adolescents in social media. Young Consumers, 25(2), 211–225. https://doi.org/10.1108/YC-04-2023-1726
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Fatma Rinjani Mariska

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This ejournal system and it's contents licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License