Dari Meme Ke Makna: Jembatan Menuju Literasi Melalui Algoritma Media Sosial
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22515/literasi.v5i1.11018Keywords:
algoritma, instagram, literasi, media social, memeAbstract
Popularitas konten meme di Instagram menunjukkan potensi pemanfaatannya untuk meningkatkan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran meme sebagai jembatan menuju literasi melalui algoritma media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap akun-akun Instagram yang berfokus pada konten meme, serta analisis terhadap algoritma Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meme dapat berperan sebagai media literasi yang efektif. Tingginya tingkat engagement pada konten meme menunjukkan bahwa generasi muda memiliki ketertarikan pada konten yang bersifat menghibur dan relevan dengan pengalaman mereka. Algoritma Instagram, yang menampilkan konten berdasarkan preferensi pengguna, dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan literasi melalui penyajian konten meme yang berisi pesan-pesan edukatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meme memiliki potensi besar serta pemanfaatan meme sebagai media literasi perlu dioptimalkan melalui strategi yang terintegrasi dengan algoritma media sosial.
Downloads
References
Adli Ahmad. (2023, June 9). Meme Spongebob. Https://Www.Facebook.Com/Share/p/18T1aMbrUf/. Andy, P. :, Wati, P., Martha, J. A., Indrawati, A., Artha, N., Layout, F., & Wildan Fajar, : M. (2023). Digital Marketing.
Arie Bowo, F., & Marthalia, L. (2024). Meme Marketing: Generation Z Consumer Behavior on Social Media. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 5(2), 188. http://jiss.publikasiindonesia.id/
Aulia, B. F., Subarjah, S. S., & Rahma, Y. (2024). BIMA+Vol+2+no+2+Juni+2024+hal+86-93. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 86–93.
Ausat, A. M. A. (2023). The Role of Social Media in Shaping Public Opinion and Its Influence on Economic Decisions. Technology and Society Perspectives (TACIT), 1(1), 35–44. https://doi.org/10.61100/tacit.v1i1.37
Chen, K. (2024). The Relationship Between the Usage of Memes on Social Media in the Chinese Internet and a Sense of Belonging. Communications in Humanities Research, 30(1), 90–98. https://doi.org/10.54254/2753-7064/30/20231624
Dwivedi, S. K. (2023). Social media memes: A study of its impact on intercultural communications.
International Journal of Development Research, 61307–61311. https://doi.org/10.37118/ijdr.26159.01.2023
Handayani, F., Siti, ;, Sri, D., Sari, R., & Respati, W. (2024). THE USE OF MEME AS A REPRESENTATION OF PUBLIC OPINION IN SOCIAL MEDIA: A CASE STUDY OF MEME ABOUT BEKASI IN PATH AND TWITTER.
Hildan Saputra. (2024, September 12). Meme Bernadya.
Https://Www.Facebook.Com/Share/p/1AcZL5oh71/.
Linguistik, J., Dan, T., Budaya, K., Lubis, S. N., Hafizah, N., Siregar, A., & Nurhidayati, S. A. (2024).
ANALYSIS OF POLITICAL MEMES IN SOCIAL MEDIA.
Mitchell, S., Potash, E., Barocas, S., D’amour, A., & Lum, K. (2024). Annual Review of Statistics and Its Application Algorithmic Fairness: Choices, Assumptions, and Definitions. 45, 59. https://doi.org/10.1146/annurev-statistics-042720
Nawaf, A., Azura, S., Gultom, S. F., Afriansyah, W., & Putra, A. D. (2023). Analisis Literasi Digital Dalam Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Remaja Desa Payung Kec. Payung Kab. Karo. Arya Dwi Putra Journal of Human And Education, 3(2), 337.
Neo Historia Indonesia. (2024). Meme Indonesia Tiongkok.
Https://Www.Facebook.Com/Share/p/14d7yFhCon/.
Nugraha, A., Hasanah Sudrajat, R., & Primadani Satria Putri, B. (2020). FENOMENA MEME DI MEDIA SOSIAL: STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL POSTING MEME PADA PENGGUNA
MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Sosioteknologi, 14(3), 237–245. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2015.14.3.3
Nugraha, A., Sudrajat, R. H., Primadani, B., Prodi, S. P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., & Bisnis, D. (2021). FENOMENA MEME DI MEDIA SOSIAL: STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL POSTING MEME PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM.
Omar, A. S., Ondimu, K. O., & Omar, A. S. (2024). The Impact of Social Media on Society: A Systematic Literature Review. https://doi.org/10.9790/1813-130696106
Rahayu, S., Zahara Herman, D., & Zasya Sastra, A. (2019). MEME: GAYA KOMUNIKASI BARU DALAM INTERAKSI DIGITAL.
Rasehzag Fatil. (2024, March 2). Meme Jam Analog.
Https://Www.Facebook.Com/Share/p/157xUHfXaX/.
Revo Lusi. (2024). Meme Kuliah. Https://Www.Facebook.Com/Share/15mCgPU9Tv/.
Rozikin, F. C. (2021). Historical Meme As a Solution to Improve Generation Z Nationalism in Indonesia.
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(2), 151. https://doi.org/10.24127/hj.v9i2.3823
Sykora, M., Elayan, S., & Jackson, T. W. (2020). A qualitative analysis of sarcasm, irony and related #hashtags on Twitter. Big Data and Society, 7(2). https://doi.org/10.1177/2053951720972735
Wahidmurni. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF.
Yasmin, A. P., & Zuhriah, Z. (2024). Analysis of Sarcasm Language Use on Instagram Social Media (Case Study of Students from the Faculty of Social Sciences UINSU). JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(2), 612–623. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i2.1918
Ye, T. (2023). Social Media and Its Impact: Individuals and Society. In Journal of Education, Humanities and Social Sciences EPHHR (Vol. 2022).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ramdhan Ibrahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This ejournal system and it's contents licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License