Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sentra Industri Gitar dalam Menghadapi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3257Keywords:
Marketing strategies, Micro, Small and Medium Enterprises, SWOT Analysis.Abstract
Downloads
References
Achmad, Z. A., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D, & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
Ahmad, K., & Krisnadi, I. (2020). Digitalisasi Koperasi dalam Penyempurnaan Konsep Pasar Digital Nasional sebagai Penangkal Resesi Ekonomi di Masa. 1–12.
Amalia, A. (2016). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran Dan SWOT Pada Perusahaan Popsy Tubby, Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(3), 297-306.
Ananta, Y. (2019). Baru 14% dari 58 Juta UMKM RI yang Masuk e-Commerce, Kenapa? Retrieved July 28, 2020, from cnbcindonesia.com website: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190701123829-37-81831/baru-14-dari-58-juta-umkm-ri-yang-masuk-e-commerce-kenapa
Andriani, S., & Nuryani, H. S. (2020). Eksistensi Pengrajin Parang Di Sumbawa : Optimalisasi Penggunaan Strategi, Jurnal Tambora. 4(2), 1–7.
Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh UMKM Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19). Manova: Jurnal Manajemen dan Inovasi, 3(2), 55–65. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.302.
Ariza, Q. (2020). Analisis Layanan Belanja “Kriing†Pasar Anombaru Sumenep Di Tengah Pandemi Covid 19 Dengan Metode SWOT dan QSPM. 1(2), 160–174. http://dx.doi.org/10.20473/ajim.v1i2.21259.
Covid19.go.id. (2020). Data Sebaran Covid-19. Retrieved July 28, 2020, from covid19.go.id website: https://covid19.go.id/peta-sebaran.
Djatmiko, A., & Pudyastiwi, E. (2020). Obstacles And Challenges Of Indonesia's Micro, Small And Medium Enterprises (UMKM) In Facing The Covid-19 Pandemic, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 117–123. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28610.
Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.8.
Gunardi, Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Online Terhadap Kinerja Keuangan UMKM Fashion di Kota Bandung, Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 61–68. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v3i1.134.
Ismayanti, N. M. A., & Santika, I. W. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Sepatu Olahraga Nike Di Kota Denpasar. E-Journal Manajemen Unud, 6(10), 5720–5747.
Mashuri. (2019). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Di Era 4.0. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224. 10.46367/iqtishaduna.v8i2.175.
Narto, & Basuki HM, G. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan. Jurnal INTECH Teknik Industri, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195
Nur, N., & Wijayanti, L. L. (2020). Pendampingan Usaha Mikro Yang Terdampak Covid-19 Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Pratama, A. M. (2020). Kadin: Sekitar 30 Juta Umkm Tutup Karena Pandemi Covid-19. Retrieved July 28, 2020, from kompas.com website: https://money.kompas.com/read/2020/07/28/170100126/kadin--sekitar-30-juta-umkm-tutup-karena-pandemi-covid-19.
Philip, K., & Kevin, K. L. (2016). Marketing Management (15st Ed). London, United Kingdom: Pearson Education.
Puspasari, A., & Rabia, P. (2020). Strategi Penjualan Sepatu Dengan Metode Analisis SWOT Di Era Pandemic Covid-19. AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 17(2), 270–276. http://dx.doi.org/10.29264/jakt.v17i2.7465.
Rahmawati, D., Handayani, R. D., & Fauzzia, W. (2019). Pengembangan Pemasaran Produk Roti dan Pastry dengan Bauran Pemasaran 4P di Sari Good Bakery, Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 233–243. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5024.g3017
Rosyada, M. & Wigiawati, A. (2020). Manajemen Strategi Survival UMKM Batik Tulis Pekalongan Di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen 4(2), 189–214. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i2.2424.
Setiawan, L. H., & Budiastra, I. W. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Handmade Tas UMKM AKA di Kelurahan Bubulak Kabupaten Bogor, Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(5), 869–880.
Sukotjo, H. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(2), 216–228.
Syaiful, F. F., & Elihami, E. (2020). Penerapan Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 343–359.
Yurianto. (2020). Analisis Penyusunan Strategi Dan Program Pembinaan Usaha Mikro Kecil Dki Jakarta Akibat Pandemic Covid 19 Dengan Pendekatan USG dan SWOT. Inovasi, 7(2), 120–133. http://dx.doi.org/10.32493/Inovasi.v7i2.p120-133.7919.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This ejournal system and it's contents licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License