Study With Feynman: Implementasi Artificial Intelligence Pada Pdf Berbasis Aplikasi Sebagai Sarana Merealisasikan Mitra Belajar Dunia Maya Bagi Pengguna Metode Pembelajaran Feynman
DOI:
https://doi.org/10.22515/literasi.v3i1.9740Abstract
Bagi pelajar dan mahasiswa, metode belajar sangat dibutuhkan demi kelancaran dalam dunia pendidikan. Salah satu metode belajar yang kini banyak digunakan yaitu metode Feynman yang digagas oleh Richard Feynman. Metode belajar ini bersistem seolah-olah mengajarkan suatu pembelajaran kepada orang lain yang telah paham sehingga orang lain dapat menganalisis tingkat pemahaman pengguna teknik Feynman, namun adanya ketidak cocokan mitra belajar menjadi masalah utama dalam metode ini. Sehingga dibutuhkannya media inovatif untuk mendukung keberlangsungan pengguna metode Feynman. Dalam mengembangkan gagasan tersebut menggunakan metode penelitian dan pengembangan, melalui adanya peluang dari kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) dan penggunaan IPTEK yang semakin menggunung. Aplikasi ini diinisiasi sebagai suatu terobosan baru bagi pengguna teknik Feynman untuk mendapatkan mitra belajar melalui pengiriman dokumen berformat PDF (Portable Document Format) dengan AI yang memberikan panduan dan umpan balik yang disesuaikan. Algoritme AI yang diterapkan dalam aplikasi ini dapat memindai dokumen dan mengadaptasi materi yang kemudian dilakukan tanya jawab dan saling mengajarkan sesuatu menggunakan suara yang diprogram oleh voice assistant yang ramah untuk disabilitas sensorik netra. Melalui Study with Feynman, diharapkan dapat menjadi mitra belajar dalam dunia maya yang mampu memberikan pendampingan dan bimbingan belajar yang dipersonalisasi untuk mengembangkan pemahaman mendalam terkait dokumen yang dikirimkan .
Downloads
References
. A., . L., Rusli, A., & Waldrip, B. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 30–45. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4189
Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291
Aqilla, M. A., & Sariningsih, Y. (2022). Kemampuan Disabilitas Netra Dalam Memanfaatkan Sumber Media Pembelajaran Di Balai Rehabilitasi. IV.
Arviani, H., Claretta, D., & Achmad, Z. A. (2021). PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA DENGAN TEKNIK POMODORO, CORNELL NOTES, DAN FEYNMAN DI SANGGAR BELAJAR PROFESSORKOTA MADIUN. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 67–85.
Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 1. https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.1-7
IRMA FAEDATUN NI’AM. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MATERI MAD THABI’I MENGGUNAKAN TEKNIK FEYNMAN DAN TEKNIK POMODORO KELAS VII B MTS NU UNGARAN TAHUN AJARAN 2021/2022. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA (IAIN).
Ismail, D. (2021). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Teknik Feynman Pada siswa Kelas X SML PLUS SABILUR ROSYAD SIDOARJO. P-SEMART Journal (PGRI Science Education Media of Applied Research & Technology), 1(2), 19–28.
Lubis, M. S. Y. (2021). IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SYSTEM MANUFAKTUR TERPADU. Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU, 4(1), 1–7.
NURFADILATIN, N. (NURFADILATIN). (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–5. https://www.neliti.com/id/publications/248887/
Nursaid, F. F., Hendra Brata, A., & Kharisma, A. P. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Barang Dengan ReactJS Dan React Native Menggunakan Prototype (Studi Kasus : Toko Uda Fajri). J-Ptiik.Ub.Ac.Id, 4(1), 46–55. http://j-ptiik.ub.ac.id
Rabiah, S. (2018). Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. April 2015, 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzfsj
Sudarmo Dua, Y., Desiratna Aseng, M., & Elizabeth, A. (2022). Analisis Respons Siswa Terhadap Implementasi Metode Feynman Dalam Pembelajaran Fisika Materi Impuls, Momentum, dan Tumbukan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2467–2476.
TIWI HARTANTI. (2020). AGRO USAHA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF ISLAM Oleh : TIWI HARTANTI NPM . 1602100197 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO 1441 H / 2020 M.
Zakaria, A. (2022). Pengembangan Website Pembelajaran Fisika Berbasis Feynman Technique pada Materi Listrik Dinamis. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN.
Published
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This ejournal system and it's contents licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License