Pandangan Mahasiswa Terhadap Dampak Artificial Intelligence (Ai) Dalam Profesi Akuntan
DOI:
https://doi.org/10.22515/literasi.v3i1.9743Abstract
Bagi pelajar dan mahasiswa, metode belajar sangat dibutuhkan demi kelancaran dalam dunia pendidikan. Salah satu metode belajar yang kini banyak digunakan yaitu metode
Feynman yang digagas oleh Richard Feynman. Metode belajar ini bersistem seolah-olah mengajarkan suatu pembelajaran kepada orang lain yang telah paham sehingga orang lain dapat menganalisis tingkat pemahaman pengguna teknik Feynman, namun adanya ketidak cocokan mitra belajar menjadi masalah utama dalam metode ini. Sehingga
dibutuhkannya media inovatif untuk mendukung keberlangsungan pengguna metode Feynman. Dalam mengembangkan gagasan tersebut menggunakan metode penelitian dan pengembangan, melalui adanya peluang dari kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) dan penggunaan IPTEK yang semakin menggunung. Aplikasi ini diinisiasi sebagai suatu terobosan baru bagi pengguna teknik Feynman untuk mendapatkan mitra belajar melalui pengiriman dokumen berformat PDF (Portable Document Format) dengan AI yang memberikan panduan dan umpan balik yang disesuaikan. Algoritme AI yang diterapkan dalam aplikasi ini dapat memindai dokumen dan mengadaptasi materi yang kemudian dilakukan tanya jawab dan saling mengajarkan sesuatu menggunakan suara yang diprogram oleh voice assistant yang ramah untuk disabilitas sensorik netra. Melalui Study with Feynman, diharapkan dapat menjadi mitra belajar dalam dunia maya yang mampu memberikan pendampingan dan bimbingan belajar yang dipersonalisasi untuk mengembangkan pemahaman mendalam terkait dokumen yang dikirimkan .
Downloads
References
Adha, L. A. (2020). “Digitalisasi Industri dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan dan Hubungan Kerja di Indonesia”. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Adiningsih, S. (2019). Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia: Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis Ekonomi, dan Kebijakan di Indonesia (Fajarianto & Suprianto, Eds.). PT Gramedia Pustaka Utama.
Alghafiqi, B., & Munajat, E. (2022). Impact Of Artificial Intelligence Technology On Accounting Profession. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 7(2), 140–159. https://doi.org/10.20473/baki.v7i2.27934
Amdanata, D. D., Burhan, Seswandi, A., & Annisava, A. R. (2023). “Siapkah Mahasiswa Akuntansi Menghadapi Artificial Intelligence Dalam Akuntansi?”. Universitas Lancang Kuning.
Dwima Ernis, P., & Pirdaus, P. (2022). “Dampak Teknologi Artificial Intelligence Pada Profesi Akuntansi”. EKOMA: Jurnal Ekonomi, 2(1).
Gade, M. (2005). Teori Akuntansi. (D. Kurniyanti, Ed.; 1st ed.). Almahira.
Ghazmi, S. F. (2021). “Urgensi Pengaturan Artificial Intelligence Pada Sektor Bisnis Daring di Indonesia”. Jurnal Hukum, 2(8).
Rachmawati, A. (n.d.). “Presepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Faktor-Faktor Pemilihan Profesi Sebagai Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik”. Jurnal Akuntansi FEB Universitas Brawijaya.
Raharja, S. (n.d.). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Ramadhan, H. A. (2018). Big Data, Kecerdasan Buatan, Blockchain, dan Teknologi Finansial di Indonesia.
Rangkuti, M. (2023, February). Dampak AI. Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi.
Raphael, J. (2015). How Artificial Intelligence Can Boost Audit Quality.
Ratama, N. (2020). Sistem Penunjang Keputusan Dan Sistem Pakar Dengan Pemahaman Studi Kasus. Uwais Inspirasi Indonesia, CV.
Rich, E., & Knight, K. (1991). Artificial Intelligence (2nd ed.). McGraw-Hill.
Riduwan. (2004). Metode Observasi dan Penelitian. Rineka Cipta.
Simon, H. A. (1987). Artificial Intelligence. In Concise Encyclopedia of Psychology (2nd ed.). Wiley.
Sobron, M., Lubis Bidang, Y., Manufaktur, T., Teknik, P., Jurusan, M., Industri, T., & Kunci, K.-K. (n.d.). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D (1st ed.).
Mufti Istal Thofa Bhakti Nurroji Sumadi, Raka Putra, and Amrie Firmansyah. (2022). “Peran Perkembangan Teknologi Pada Profesi Akuntan Dalam Menghadapi Industri 4.0 Dan Society 5.0,” Journal of Law, Administration, and Social Science 2, no. 1. Hal. 56–68, https://doi.org/10.54957/jolas.v2i1.162.
Muhammad Fithrayudi Triatmaja et al., (2019), “Seminar Nasional dan The 6th Call for Syariah Paper Universitas Muhammadiyah Surakarta Dampak Artificial Intelligence (Ai) Pada Profesi Akuntan,” Seminar Nasional dan The 6th Call For Syariah Paper (SANCALL).
https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11422 (2019): 1007–19.
Mumtaha, Hani Atun, and Halwa Annisa Khoiri. (2019). “Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce).” JURNAL PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik. Vol. 4, No. 2. https://doi.org/10.33319/piltek.v4i2.39.
Putri Dwima Ernis, and Padli Pirdaus. “Dampak Teknologi Artificial Intelligence Pada Profesi Akuntansi.” EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi 2, no. 1 (2022): 131–37. https://doi.org/10.56799/ekoma.v2i1.1154.
Sumadi, Mufti Istal Thofa Bhakti Nurroji, Raka Putra, and Amrie Firmansyah. “Peran Perkembangan Teknologi Pada Profesi Akuntan Dalam Menghadapi Industri 4.0 Dan Society 5.0.” Journal of Law, Administration, and Social Science 2, no. 1 (2022): 56–68. https://doi.org/10.54957/jolas.v2i1.162.
Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keperilakuan. Gadjah Mada University Press.
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15–21.
Triatmaja, M. F. (n.d.). Dampak Artificial Intelligence (AI) Pada Profesi Akuntan. Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP).
Published
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This ejournal system and it's contents licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License