Pengintegrasian Learning Management System (LSM) dengan Artificial Intelligence untuk Memfasilitasi Ragam Kebutuhan Peserta Didik

Authors

  • Nuzulia Rizkika Wahyudanti Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Syifa Nathania Rahmadanti Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Nila Khimaya Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Indonesia

Abstract

Keberagaman sosial-budaya yang dimiliki Indonesia menjadi salah satu faktor eksternal perbedaan gaya belajar pada setiap individu. Perbedaan tersebut mampu mempengaruhi pencapaian akademis siswa. Pendidikan Indonesia belum mampu memenuhi kebutuhan akademis individual tiap siswa. Usaha-usaha untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar tiap siswa telah banyak dilakukan oleh satuan pendidikan. Namun, dengan karakteristik kelas di satuan pendidikan Indonesia yang cenderung ramai, sulit bagi guru untuk memperhatikan kebutuhan tiap murid secara personal. Dalam pembelajaran konvensional, guru tidak bisa memfasilitasi semua gaya belajar secara bersamaan. Sehingga, dewasa ini proses pendidikan semakin mengedepankan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa atau student-centered learning. Karakteristik dari student-centered learning adalah fleksibilitas pembelajaran dalam menyesuaikan kecepatan dan gaya belajar masing- masing siswa. Learning Management System (LMS) menjadi salah satu media pembelajaran yang diciptakan untuk mendukung pelaksanaan daring saat pandemi beberapa waktu lalu. Namun, laman Learning Management System tidak lagi digunakan ketika pandemi telah usai dan kegiatan pembelajaran kembali dilaksanakan secara luring. Padahal, LMS dapat tetap digunakan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran sehingga dapat memudahkan siswa maupun guru. Utamanya, laman Learning Management System dapat digunakan sebagai arsip materi dan tugas-tugas yang dapat diakses oleh siswa dengan mudah. Fungsi LMS dapat dioptimalkan dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Teknologi AI pada laman Learning Management System dapat digunakan untuk memenuhi ragam kebutuhan gaya belajar siswa. Topik ini akan diteliti menggunakan metode literature review. Ditemukan bahwa Learning Management System berbasis AI mampu memfasilitasi pencapaian akademis siswa dan membantu guru dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrita, J 2023, ‘Peran artificial intelligence dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem pendidikan’, COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 12, pp. 3181-3187.

Amer, ME 2020, ‘The impact of distance education on learning outcome in computer skills course in prince sattam bin abdulaziz university: An experimental study’, Journal of Curriculum and Teaching, vol. 9, no. 4.

Astagisa, R, Aldiansyah, RD & Chusni, MM 2022, ‘Peran penting artificial intelegent dalam pengembangan metode pembelajaran bagi siswa di Indonesia’, Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri), vol. 1, no. 1, pp. 228-235.

Bajaj, R & Sharma, V 2018, ‘Smart Education with artificial intelligence based determination of learning styles’, Procedia computer science, vol. 132, pp. 834-842.

Bhatt, P & Muduli, A 2021, ‘Artificial intelligene in learning development: a systematic review’, European Journal of Training and Development, vol. 47, no. 78, pp. 677-694.

Djara, JI, Imaniar, M, Sae, E & Anin, S 2023, ‘Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 3, no. 2, pp. 226-233.

Embarak, O. H. (2022). Internet of behavior (IoB)-based AI model for personalized smart education systems. The 19th International Conference on Mobile Systems and Pervasive Computing (MobiSPC). 103-110

Fakhruddin, AM, Putri, LO, Sudirman, PR, Annisa, RN & Berlian, RK 2022, ‘Efektivitas LMS (learning management system) untuk mengelola pembelajaran jarak jauh pada satuan pendidikan’, Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 10026-10033

Published

2024-08-10 — Updated on 2023-06-12

Issue

Section

Articles

Citation Check