Jitu Inovasi Literasi Digital (JILID) Berbasis Etika dan Moral Berbudaya terhadap Kecerdasan Emosional Spiritual (Esq) untuk Menunjang Pendidikan yang Berkualitas
DOI:
https://doi.org/10.22515/literasi.v3i2.9775Abstract
Pendidikan yang berkualitas tidak lahir dengan sendirinya. Pendidikan yang bermutu direncanakan dan dibentuk dengan sungguh-sungguh secara menyeluruh, tidak hanya dari segi keunggulan reputasi tetapi juga lahir dari semangat mempelajari dan menguasai ilmu akademik, memupuk nilai-nilai etika dan moral sehingga tidak hanya kecerdasan intelektualnya saja, tetapi juga meningkat. kecerdasan emosional dan spiritual menuju generasi emas melalui pendidikan karakter. Di era society 5.0, pengetahuan dan informasi harus mudah diakses. Oleh karena itu, inovasi literasi digital sangat dibutuhkan sebagai sumber ilmu pengetahuan dalam membantu pendidikan siswa proses dalam bentuk digital. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai peran literasi digital dalam memperluas kecerdasan sosial guna memperoleh pendidikan berkualitas berdasarkan etika moral yang berbudaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disusun dalam google form dan dibandingkan dengan indikator hasil penerapan literasi digital berbasis etika dan moral terhadap kecerdasan emosional spiritual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital mempunyai peranan penting terhadap emosionalitas spiritual siswa pengembangan kecerdasan di era masyarakat 5.0. Dengan mengoptimalkan penerapan literasi digital berbasis etika moral yang berbudaya dalam proses pembelajaran, siswa dapat mengembangkan nilai-nilai seperti keterampilan sosial, empati, dan nilai-nilai moral yang berbudaya yang dapat mendukung siswa mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah literasi digital berbasis etika moral yang berbudaya dapat mendukung pendidikan karakter siswa di era society 5.0. Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, siswa harus dilatih untuk memilah informasi dengan baik dan benar. Jadi perlu dikembangkan literasi digital untuk membangun karakter etika dan moral budaya anak bangsa.
Downloads
References
Alfaruqy, M. Z. 2022. Generasi Z dan Nilai-Nilai yang Dipersepsikan dari Orang Tuanya. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung. Vol 4, No. 1.
Annisa, N. M. Wiliah, A. Rahmawati, N. 2020. Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains. Volume 2, Nomor 1.
Bahrawi. 2022. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Gaya Kognitif Pola Belajar Saat Memanfaatkan Perangkat Teknologi. Jurnal Pekommas. Vol. 5 No. 1.
Dwi Irawati, A. M. (t.thn.). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6, 1224-1238. Dipetik Februari 22, 2022
Kahfi, A. 2022. Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar.
Lovren, V. O. Peeters, J. Matovic, M. 2019. Quality of Education: Global Development Goals and Local Strategies. Serbia: Institut Pedagogi dan Andragogi, Fakultas Filsafat, Universitas Beograd.
Nascimbeni, Fabio. 2019. Digital literacy for children: exploring definitions and frameworks. New York, USA: United Nations Children's Fund (UNICEF). https://www.unicef.org/globalinsight/media/1271/file/%20UNICEF-Global-Insight-digital-literacy-scoping-paper-2020.pdf
Pattaro, C. 2016. Character Education: Themes and Researches. An Academic Literature Review. Italian Journal of Psychology of Education. Vol 8, No. 1.
Rosariana, B. 2021. Generasi “Milenial” Dan Generasi “Kolonial”. Pontianak: Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Sukaryanti, D. Nasution, F. N. Indria, S. Wisman, H. 2020. Pentingnya Media Pembelajaran Digital dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021.
Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Swandhina, M. Maulana, R. A. 2022. Generasi Alpha: Saatnya Anak Usia Dini Melek Digital Refleksi Proses Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Sebelas April. Volume 6, No. 1.
Ziatdinov, R. Cilliers, J. 2021. Generation Alpha: Understanding the Next Cohort of University Students. European Journal of Contemporary Education. Volume 10, No. 3.
Published
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This ejournal system and it's contents licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License