Adabul Alim Wal Muta’allim: Study Of Classic Book In Answering Educational Challenges
DOI:
https://doi.org/10.22515/shahih.v6i1.1671Keywords:
Islamic education, challenges, adabul alim wal muta'allimAbstract
Downloads
References
Asy’ari, Hasyim. 1924. Adabul Alim Wal Muta’allim. Jombang: Maktabah al Turath al Islami.
Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pondok Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. Jakarta: LP3ES.
Faqih, Fikri. 2018. “Guru Pukul Siswa Di Banyumas Ditetapkan Sebagai Tersangka.†Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/peristiwa/guru-pukul-siswa-di-banyumas-ditetapkan-sebagai-tersangka.html.
Hanif, A. Rifqy, and Abdul Khobir. 2013. “Konsep Akhlak Seorang Peserta Didik Dalam Mencari Ilmu Menurut Kiai Ahmad Sakhowi Amin.†Forum Tarbiyah 11 (1): 51–64.
Haryanti, Nik. 2013. “Implementasi Pemikiran KH Hasyim Asy’ari Tentang Etika Pendidik.†Episteme 8 (2): 439–50.
Hujair, A.H, and Sanaky. 2003. Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Inderasari, Elen, and Dwi Kurniasih. 2018. “Kedwibahasaan Sebagai Upaya Pemahaman Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam.†Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan PPengajarannya 2 (1): 36–49. doi:10.31002/transformatika.v2i1.605.
JPNN. 2018. “Kasus Guru Suruh Murid Jilat WC, Nodai Dunia Pendidikan.†JPNN.COM. https://www.jpnn.com/news/kasus-guru-suruh-murid-jilat-wc-nodai-dunia-pendidikan.
Kumparan. 2018a. “Siswa Di Madura Aniaya Guru Kesenian Hingga Tewas.†Kumparan. https://kumparan.com/@kumparannews/4-kasus-siswa-lakukan-kekerasan-terhadap-gurunya-di-sekolah-1541980407154715595.
———. 2018b. “Siswa Di Pontianak Pukul Gurunya Karena Handphone.†Kumparan. https://kumparan.com/@kumparannews/4-kasus-siswa-lakukan-kekerasan-terhadap-gurunya-di-sekolah-1541980407154715595.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muqoyyidin, Andik Wahyun. 2014. “Kitab Kuning Dan Tradisi Riset Pesantren Di Nusantara.†Ibda’ Jurnal Kebudayaan Islam 12 (2): 109–18.
Najib, M. Ainun. 2015. “Pemikiran K.H Hasyim Asyy’ari Tentang Konsep Etika Terhadap Buku Dalam Kitab Adabul Al-Alim Wa Al-Muta’allim (Kajian Analisis Wacana).†Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nawawi, Hadari, and Mimi Martini. 1994. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
NU Online. 2016. “Yang Lebih Penting Dari Ilmu.†NU Online. http://www.nu.or.id/post/read/73560/yang-lebih-penting-daripada-ilmu.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosidin. 2017. Pendidikan Karakter Khas Pesantren (Adabul ’Alim Wal Muta’allim. Tangerang: Tira Smart.
Santosa, Rochmat Budi. 2017. “Kajian Pragmatik Tindak Tutur Direktif Pada ‘Ayat-Ayat Kisah’ Dalam Alquran.†Universitas Sebelas Maret.
Sarjuni. 2018. “Konsep Ilmu Dalam Islam Dan Implikasinya Dalam Praktik Pendidikan.†Al Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 1 (2): 47–57.
Tas’adi, Rafsel. 2014. “Pentingnya Etika Dalam Pendidikan.†Ta’dib 17 (137).
Usman, Muhammad Idris. 2013. “Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, Dan Perkembangan Masa Kini).†Jurnal Al Hikmah XIV (1): 101–19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This ejournal system and its contents are licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License