Adabul Alim Wal Muta’allim: Study Of Classic Book In Answering Educational Challenges

Authors

  • Mela Siti Maisaroh Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam Kartasura, Indonesia
  • Dwi Kurniasih Universitas Negeri Sebelas Maret, Indonesia
  • Maulida Amanatul Khoiriyah Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam Kartasura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/shahih.v6i1.1671

Keywords:

Islamic education, challenges, adabul alim wal muta'allim

Abstract

ThisstudyaimstoexplainthestudyofthebookAdabulAlimwalMuta’allim in answering the challenges of education. The book is a classic book that is usually studied in Nusantara pesantren and written by KH Hasyim Asy'ari for knowledge seekers and teachers. The method used in this study is qualitative descriptive. Qualitative descriptive method is a method that attempts to describeobjectsclearlyandclearly.Thedatasourceinthisstudyisintheform oflibrarydatasources,namelytheAdabulAlimwalMuta'allimbookreviewed basedoncontentanalysis.TheresultsofthisstudyindicatethatinAdabulAlim wal Muta'allim examines the concept of Islamic pedagogic science which contains ethics, manners, and morals in seeking knowledge. Besides that, Islamic pedagogic concepts in the book are very relevant and able to answer the challenges of education today.

Author Biography

Mela Siti Maisaroh, Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam Kartasura

 

References

Asy’ari, Hasyim. 1924. Adabul Alim Wal Muta’allim. Jombang: Maktabah al Turath al Islami.

Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pondok Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. Jakarta: LP3ES.

Faqih, Fikri. 2018. “Guru Pukul Siswa Di Banyumas Ditetapkan Sebagai Tersangka.†Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/peristiwa/guru-pukul-siswa-di-banyumas-ditetapkan-sebagai-tersangka.html.

Hanif, A. Rifqy, and Abdul Khobir. 2013. “Konsep Akhlak Seorang Peserta Didik Dalam Mencari Ilmu Menurut Kiai Ahmad Sakhowi Amin.†Forum Tarbiyah 11 (1): 51–64.

Haryanti, Nik. 2013. “Implementasi Pemikiran KH Hasyim Asy’ari Tentang Etika Pendidik.†Episteme 8 (2): 439–50.

Hujair, A.H, and Sanaky. 2003. Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Inderasari, Elen, and Dwi Kurniasih. 2018. “Kedwibahasaan Sebagai Upaya Pemahaman Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam.†Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan PPengajarannya 2 (1): 36–49. doi:10.31002/transformatika.v2i1.605.

JPNN. 2018. “Kasus Guru Suruh Murid Jilat WC, Nodai Dunia Pendidikan.†JPNN.COM. https://www.jpnn.com/news/kasus-guru-suruh-murid-jilat-wc-nodai-dunia-pendidikan.

Kumparan. 2018a. “Siswa Di Madura Aniaya Guru Kesenian Hingga Tewas.†Kumparan. https://kumparan.com/@kumparannews/4-kasus-siswa-lakukan-kekerasan-terhadap-gurunya-di-sekolah-1541980407154715595.

———. 2018b. “Siswa Di Pontianak Pukul Gurunya Karena Handphone.†Kumparan. https://kumparan.com/@kumparannews/4-kasus-siswa-lakukan-kekerasan-terhadap-gurunya-di-sekolah-1541980407154715595.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. 2014. “Kitab Kuning Dan Tradisi Riset Pesantren Di Nusantara.†Ibda’ Jurnal Kebudayaan Islam 12 (2): 109–18.

Najib, M. Ainun. 2015. “Pemikiran K.H Hasyim Asyy’ari Tentang Konsep Etika Terhadap Buku Dalam Kitab Adabul Al-Alim Wa Al-Muta’allim (Kajian Analisis Wacana).†Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nawawi, Hadari, and Mimi Martini. 1994. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

NU Online. 2016. “Yang Lebih Penting Dari Ilmu.†NU Online. http://www.nu.or.id/post/read/73560/yang-lebih-penting-daripada-ilmu.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosidin. 2017. Pendidikan Karakter Khas Pesantren (Adabul ’Alim Wal Muta’allim. Tangerang: Tira Smart.

Santosa, Rochmat Budi. 2017. “Kajian Pragmatik Tindak Tutur Direktif Pada ‘Ayat-Ayat Kisah’ Dalam Alquran.†Universitas Sebelas Maret.

Sarjuni. 2018. “Konsep Ilmu Dalam Islam Dan Implikasinya Dalam Praktik Pendidikan.†Al Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 1 (2): 47–57.

Tas’adi, Rafsel. 2014. “Pentingnya Etika Dalam Pendidikan.†Ta’dib 17 (137).

Usman, Muhammad Idris. 2013. “Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, Dan Perkembangan Masa Kini).†Jurnal Al Hikmah XIV (1): 101–19.

Downloads

Published

2021-06-05

How to Cite

Maisaroh, M. S., Kurniasih, D., & Khoiriyah, M. A. (2021). Adabul Alim Wal Muta’allim: Study Of Classic Book In Answering Educational Challenges. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.22515/shahih.v6i1.1671

Issue

Section

Articles

Citation Check