Fundraising Product Innovation of BMT Mandiri Artha Sejahtera in the Covid-19 Pandemic Period

Authors

  • Ana Nur Anisah Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban, Indonesia
  • Joko Hadi Purnomo Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban, Indonesia
  • Niswatin Nurul Hidayati Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/shahih.v6i2.3812

Keywords:

Product Innovation, Fundraising, BMT, Covid-19 Pandemic.

Abstract

This research aimed to find out how to innovate BMT Mandiri Artha Sejahtera fundraising products during the Covid-19 pandemic. This research used qualitative research and the analysis was carried out by Data Reduction, Data Display, and finally Conclusion Drawing/verification. This research used data collection methods through interviews, observation, and documentation. Fundraising product innovations carried out by BMT Mandiri Artha Sejahtera during the Covid-19 pandemic included two aspects, they were innovation in services and products. In service innovation, BMT MAS innovated the system by using a mobile printer. The use of this tool makes transaction activities less time-consuming so as to prevent crowds between members, marketing staff and buyers in the Sumberrejo and Kapas markets. Practical and easy services make member satisfaction achieved and keep saving. In product innovation, BMT MAS uses an imitation strategy from the BMT BUS product that has been introduced to members. Then BMT MAS developed its product with a mutation strategy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ma’arif. Manajemen Bisnis Syariah (Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2014)

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Bandung: Alfabeta,2011)

Andra, “Ringkasan Perkembangan Virus Corona (COVID-19) Kabupaten Bojonegoro per Hari Hingga tanggal 27 Januari 2021â€, 28 Januari 2021, https://m.andrafarm.com

Arifin, Zainul. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah (Jakarta: Pustaka Alfabet, 2005)

Arrafi, Sandy Yoga. “Strategi Pemasaran Produk Funding di Bank Muamalat Cabang Pembantu Magelangâ€. Skripsi: IAIN Surakarta, 2016. 17 Januari 2021. https://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Azwar, Saifudin. Metode Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2004)

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Gedung Heritage, “Pentingnya Social dan Physical Distancing dalam Menurunkan Kasus Penyebaran Covid-19â€, 28 Januari 2021, https://bpsdm.pu.go.id

Badan Pusat Statistik, “Ekonomi Indonesia Triwulan III 2020 Tumbuh 5,05 Persenâ€, 29 Januari 2021, https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1736/ekonomi-indonesia-triwulan-i-2020-tumbuh-2-97-persen.html

Badan Pusat Statistik, “Ekspor Agustus 2020 Mencapai US$13,07 Miliar dan Impor Agustus 2020 sebesar US$10,74 miliarâ€, 29 Januari 2021, https://www.bps.go.id

Bank Indonesia, “Data Inflasiâ€, 30 Januari 2021, https://www.bi.go.id/id/statistik/indikator/data-inflasi.aspx

Bastomi, Ahmad. Wawancara, Bojonegoro, 13 Februari 2021.

Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker), “Menaker: badai Pasti Berlalu, Panggil Kembali Pekerja yang ter-PHK Nantiâ€, 28 Januari 2021, https://www.kemnaker.go.id/news/detail/menaker-badai-pasti-berlalu-panggil-kembali-pekerja-yang-ter-phk-nanti

Dharmmesta, Basu Swastha. and T. Hani Handoko, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen (Yogyakarta: BPFE, 2014)

Dhewanto, Wawan., et al., Manajemen Inovasi Untuk Usaha Kecil dan Mikro (Bandung: Alfabeta, 2015)

Dokumen BMT Mandiri Artha Sejahtera 2020.

Firdaus, Siti Anisa. “Peranan Inovasi Produk dan Layanan dalam Meningkatkan Daya Tarik Nasabah Menabung di BMT Mu’aliminâ€. Jurnal Syarikah Volume 3 Nomor 2 Desember 2017. 17 Januari 2021. https://ojs.unida.ac.id

Hajar, Siti. “Prediksi Pendapatan BMT Khairul Ikhwan Martapura Akibat Terjadinya Wabah COVID-19 pada Tahun 2020â€, 27 Januari 2021, https://eprints.uniska-bjm.ac.id

Hardani, et al., Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Group, 2020)

Herdiansyah, Haris. Metode Penelitian Kualitatif (Jakarta: Salemba Humonika, 2010)

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012.

Huda, Nurul., et al., Keuangan Publik Islami Pendekatan Teoritis dan Sejarah (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012)

Koesno, Dhita. “Update Corona Dunia 20 Januari dan Laporan Global Terbaru dari WHOâ€, 27 Januari 2021, https://amp-tirto-id.cdn.ampproject.org

Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, “Data Sebaranâ€, 19 Januari 2021, https://covid19.go.id

Kotler, Philip. and Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kesepuluh (Jakarta: PT. Indeks Gramedia, 2004)

Kotler, Philip., and G. Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 2010)

Lisdawami, Indi Masita dan Imron Mawardi. “Pengembangan Produk Funding KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timurâ€. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 4 No. 11 November 2017. 15 Januari 2021. https://e-journal.unair.ac.id

Maudy, Aulia Laita dan Renny Oktafia. “Strategi Optimalisasi Penghimpunan Dana Nasabah Bagi Perkuatan Permodalan di BMT Mawaddah Kantor Cabang Pasuruanâ€. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam Vol. 5, No. 2 Desember 2020. 28 Januari 2021. https://www.syekhnurjati.ac.id

Maulaa, Mahbub Ridhoo. “[UPDATE] Virus Corona di Indonesia per Sabtu 23 Januari 2021, Naik Jadi 977.474 Orangâ€, 27 Januari 2021, https://www.pikiran-rakyat.com

Nurdin, Ismail. Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik) (Surabaya: IKAPI, 2019)

Nurhatati, Fitri., dan Ika Saniyati Rahmaniyah, Koperasi Syariah (Surakarta: PT. Era Intermedia, 2008)

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, "PP Nomor 21 Tahun 2020", 29 Januari 2021, https://peraturan.bpk.go.id

Sa’ud, Udin Syaefudin. Inovasi Pendidikan cet ke-VII (Bandung: Alfabeta, 2014)

Sabaruddin, Abdul. Manajemen Kolaborasi dalam Pelayanan Publik (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015)

Saida, Ratna. Wawancara, Bojonegoro, 7 April 2021.

Santosa, Joko. “Analisis Model Inovasi di BMT Muara Utama Kartasura dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggotaâ€. Tesis: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018. 17 Januari 2021. https://eprints.ums.ac.id

Sanwani, et al., “Strategi Penghimpunan Dana dan Penyaluran Dana pada Baitul Mal Wat Tamwilâ€, Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan-Volume 2, Nomor 1, (Januari-Juni 2017): 15,16 Januari 2021, https://journal.febiuinib.ac.id

Solihin, “Manajemen Permodalan BMT (Baitul Maal Wat Tamwil) di Masa Pandemiâ€, Jurnal Lentera Vol. 19 No. 1 (Maret, 2020): 141, 27 Januari 2021, https://ejournal.staimnglawak.ac.id

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. 25 (Bandung: Alfabeta, 2017)

Suryana, Kewirausahaan Edisi IV. Jakarta: Salemba, 2014.

Sutomo, Serba-Serbi Manajemen Bisnis (Yogyakarta:Graha Ilmu, 2012)

Tripalupi, Ramadhani Irma. “Pengelolaan Dokumen Elektronik Layanan Jasa Keuangan Berbasis Financial Technology (Fintech)â€. Jurnal Ilmu Akuntansi dan Bisnis Syariah Volume I/ Nomor 01 Januari 2019. 31 Januari 2021. https://journal.uinsgd.ac.id

Utama, Satria dan Putri Ega Handini. “Inovasi Produk Penghimpunan Dana Perbankan Syariah (Studi Kasus Tabungan Arisan Madina)â€. In the 5th Urecol Proceeding February 2017. 26 Januari 2020. https://lpp.uad.ac.id

Wahyuni, Ary Try. Wawancara, Tuban, 13 Februari 2021.

Wijaya, Rangga Agus., et al. “Pentingnya Pengelolaan Inovasi Dalam Era Persainganâ€, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol. 5 No.2 (Desember 2019): 225, 28 Januari 2021, https://jurnal.unmuhjember.ac.id

Wulansari, Siti Suci. Wawancara, Bojonegoro, 18 Januari 2021.

Wulansari, Siti Suci. Wawancara, Bojonegoro, 27 April 2021.

Yamali, Fakhrul Rozi., and Ririn Noviyanti Putri, “Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesiaâ€, Journal of Economics and Business, 4(2), (September 2020): 384, 19 Januari 2021, http://ekonomis.unbari.ac.id

Zainuri, Ahmad. Wawancara, Bojonegoro, 14 Januari 2020.

Zainuri, Ahmad. Wawancara, Bojonegoro, 20 April 2021.

Downloads

Published

2021-12-10

How to Cite

Anisah, A. N., Purnomo, J. H., & Hidayati, N. N. (2021). Fundraising Product Innovation of BMT Mandiri Artha Sejahtera in the Covid-19 Pandemic Period. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 6(2), 89–111. https://doi.org/10.22515/shahih.v6i2.3812

Issue

Section

Articles

Citation Check