JURNALISME ERA BARU (KONVERGENSI MEDIA RADAR JOGJA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA)
DOI:
https://doi.org/10.22515/ajdc.v1i1.2412Keywords:
Media concergence, Radar Jogja, media competitionAbstract
Downloads
References
APL. (2017). “Satu Lagi Media Cetak Tutup Usia†diakses pada 4 Oktober 2019 dari https://www.jawapos.com/jpg-today/31/12/2017/satu-lagi-media-cetak-tutup-usia/
Bawapratama, C. R. (2010). Konvergensi Media dan Perubahan dalam Manajemen SDM Media. Jurnal Komunikasi, 5, 7-22.
Dailey, L., Demo, L., & Spillman, M. (2003). The Convergence Continuum: A Model for Studying Collaboration Between Media Newsrooms. Association for Education in Journalism and Mass Communication, 1-28.
Fadilah, E. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1, 90-104.
Gumelar, R.G. (2013). Konvergensi Media Online. Jurnal Komunikasi, 2, 6-14.
Haryati. (2012). Ekologi Media di Era Konvergensi. Jurnal Observasi, 10, 147-168.
Irawan, R. E. (2014). Aplikasi Citizen Journalism di Era Konvergensi Media. Jurnal Humaniora, 2, 816-821.
Jenkins, H. (2006). Convergence Culture, Where Old and New Media Collide. New York University.
Manan, A. (2018). Ancaman Baru Dari Digital Laporan Tahunan AJI 2018. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen (AJI).
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenamedia. Nastiti, A. D. (2012). Membangun Pasar Media Lokal melalui Konvergensi Media (Studi Penerapan
Konvergensi Media pada Jaringan Koran Tribun). Universitas Indonesia.
Nielsen. (2017). “Tren Baru Di Kalangan Pengguna Internet Di Indonesia†diakses pada 4 Oktober 2019 dari https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2017/tren-baru-di-kalangan-pengguna-internet-di-indonesia/
Nielsen. (2017). “Tren Baru di Kalangan Pengguna Internet di Indonesia†diakses pada 4 Oktober 2019 dari https:www.nielsen.com/id/en/press-release/2017/tren-baru- di-kalangan-pengguna-internet-di-indonesia/
Nurliah. (2018). Konvergensi dan Kompetisi Media Massa dalam Memenangkan Pasar di Era Media Digital di Makassar. Jurnal Tabligh, 19, 106-118.
Pasallo, F. A. S. (2013). Peran Media Massa Cetak (Koran) dalam Meningkatkan Pariwisata Danau Dua Rasa (Labuan Cermin), Berau. eJurnal Ilmu Komunikasi, 1,91-105.
Permana, F.Y. (2017). Mempertahankan Pasar Media Cetak Melalui Konten Augmented Reality/AR (Studi Pada Koran Tribun Jogja). Jurnal Channel, 5, 77-90.
Prihartono, A.W. (2016). Surat Kabar & Konvergensi Media (Studi Deskriptif Kualitatif Model Konvergensi Media Pada Solopos). Jurnal Channel, 4, 105-116.
Ramadani, T. (2019). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Komunikasi Publik di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Jurnal Borneo Administrator,12, 1-18. Rizky, A. P. (2018). “Menakar Umur Media Cetak Indonesia†diakses pada 4 Oktober 2019 https://www.alinea.id/media/menakar-umur-media-cetak-indonesia-b1Uuz98E.
Romadhoni, B.A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Teknologi Informasi. Jurnal An-Nida, 10, 13-20.
Santhika, E. (2018). “Rolling Stone Indonesia Tutup†diakses pada tanggal 4 Oktober 2019 dari https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180101101330-227- 265850/rolling-stone-indonesia-tutup.
Sugiya, A. (2012). Strategi Transformasi Konvergensi Media (Studi Kasus Grand Strategy Harian Kompas). Tesis Magister Sains, Universitas Indonesia.
Syafina, D. C. (2018). “Tabloid Bola Tutup dan Sandaran Baru Bisnis Kompas Gramedia Group†diakses pada tanggal 4 Oktober 2019 dari https://tirto.id/tabloid-bola- tutup-dan-sandaran-baru-bisnis-kompas-gramedia-group-c7GE.
Trinoviana, A. (2017). Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audience dan Iklan. Jurnal Komunikasi, 12, 35-49.
Trijayanto, D. (2015). Implikasi Konvergensi Media Terhadap Industri “Premateur Industri Penyiaran Televisi Digital Pada Teknologi Layanan Mobile Television di Indonesiaâ€. Jurnal Promedia, 1, 19-45.