Pengembangan Materi Allah Pencipta Alam Semesta Pada Pembelajaran PAI dengan Eksperimen Sains di SD Muhammadiyah Bayen

Authors

  • Rafika Dwi Rahmah MZ Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1739

Keywords:

pendidikan agama islam, eksperimen, sains

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah pembelajaran berlangsung tidak sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 dan siswa kesulitan dalam mengingat pelajaran yang telah diterangkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan sebagai upaya dalam penanggulangan masalah yang terjadi di SD Muhammadiyah Bayen dengan menggunakan metode penelitian kombinasi antara lapangan dan deskriptif literatur. Hasil dari penelitian ini adalah diperlukannya integrasi antara pendidikan agama islam dan mata pelajaran lainnya seperti mata pelajaran sains serta penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran berpengaruh meningkatnya aspek afektif, kognitif dan psikomotorik siswa.

References

A. Rusdiana. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan

Teknologi. Vol 8 No 2, 126-128

Abdurrahman R Effendi dan Gina Puspita. (2007). Membangun Sains dan Teknologi

Menurut Kehendak Tuhan, Jakarta: Giliran Timur.

Al-Farisi. (2005). Startegi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres, 2.

Aneng Dewi Saputri. (2016). Integrasi Tembang Pocung dalam Pembelajaran

Kooperatif Tebak Kata Pada Tema Alat Optik untuk Mendeskripsika Sikap

Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Physics Education Journal. Vol 5 No 2,

Artikel Publikasi Universitas Negeri Medan (2013) oleh: Pardomuan Nauli Josip

Mario Sinambela. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam

Pembelajaran, 17.

Buku Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 4 semester 1 SD

Muhammadiyah Bayen, guru PAI (Rifatul Khairiyah, S.Ag)

D. Rahmawati, S.E. Nugroho, N.M.D. Putra. (2014). Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe NHT Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan

Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Vol 3 No 1, 44.

Farid Hasyim. (2015). Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Filosofi Pengembangan

Kurikulum Transformatif antara KTSP dan Kurikulum 2013. Malang:

Madani, 82-83

Hasbullah. (1999). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah

Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: RajaGrafindo, cet. ke-3

Hasil wawancara dengan guru pendidikan agama islam (Rifatul Khairiyah, S.Ag)

pada Kamis, 02 Mei 2019 di Ruang guru SD Muhammadiyah Bayen, Pukul

00 WIB

Hayat, M. S., S. Anggraeni, & S. Redjeki. (2011). Pembelajaran berbasis

praktikum pada konsep invertebrata untuk pengembangan sikap ilmiah siswa.

Jurnal Bioma, Vol. 1 No. 2, 15.

Jalaluddin Rahmad. (2003). Psikologi Agama sebuah Pengantar. Bandung: Mizan,

M. Qurbaniah dan N. Awaliyah. (2018). Eksperimen Sains Berbasis Kreasi Warna

Alami Sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Biologi. Vol 1, 94

Marimba Ahmad D. (1984). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Maarif.

Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam.

Jakarta: Rajawali Pers.

Nandang Kosim. (2015). Pengembangan dan Aplikasi Pembelajaran PAI di SD:

Nandang Kosim. Vol. 2 No. 2, 122.

Nur Lindah Aisyah dan Luthfiyah Nurlaela. (2015). Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kelas X Jasa Boga Pada Kompetensi Dasar Potongan Bahan Makanan Di

SMK Negeri 11 Cerme, Gersik. Vol 4 No 1, 143-144.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 66 tahun

tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Rina Asuti, Widha Sunarno dan Suciati Sudarisman. (2012). Pembelajaran IPA

dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode

Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari

Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Vol 1 No 1, 54-59

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke 4.

Jakarta: Kencana 2010, 23.

Samsul Nizar. (2002). Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, Dan

Praktis. Jakarta: Ciputat Pers, 41-42.

Sudarmojo Agus Haryo. (2008). Menyibak Rahasia Sains Bumi dalam Al-Qur’an.

Bandung: Mizan Pustaka.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta, 93.

Umah, S.K., Sudarmin, N. R. Dewi. (2014). Pengembangan Petunjuk Praktikum

IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Tema Makanan dan

Kesehatan. Unnes Science Education Journal: 3(2).

Downloads

Published

2019-12-31

Issue

Section

Articles

Citation Check