MADRASAH ADIWIYATA SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER SADAR LINGKUNGAN (Perspektif fiqh bi’ah)
DOI:
https://doi.org/10.22515/attarbawi.v5i1.2133Abstract
ABSTRAK
Dalam penelitian ini, menganalisis program madrasah adiwiyata sebagai salah satu upaya meningkatkan karakter sadar lingkungan siswa-siswi MTsN Gresik. Berbagai program adiwiyata telah dilaksanakan secara maksimal di MTsN Gresik dengan tujuan menumbuhkan karakter cinta dan ramah terhadap lingkungan. Melalui program ini menjadi salah satu upaya dalam memberikan Pendidikan lingkungan hidup kepada semua warga madrasah pada umumnya dan siswa-siswi khususnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk memperoleh informasi mengenai suatu kejadian. Metode ini lebih mengarah kepada subjek dan interpretatif. Oleh karena itu, peneliti mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan gabungan atau triangulasi kemudian diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, dinyatakan bahwasanya program madrasah adiwiyata yang telah diterapkan sekitar 5tahun di MTsN Gresik telah membawa perubahan yang signifikan terhadap karakter siswa-siswi dalam pengelolaan lingkungan hidup. Namun, masih perlu adanya keteladanan dan pengawasan yang lebih dari pihak sekolah khususnya tim adiwiyata.
Â
Kata Kunci : Madrasah, Adiwiyata, Karakter, Sadar Lingkungan