Akomodasi Pesantren Terhadap Kebijakan Pendidikan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i1.1560Keywords:
accommodation, national education policy, pesantrenAbstract
Downloads
References
Al-Zastrouw, N. (2017). Mengenal Sepintas Islam Nusantara. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.21009/hayula.001.1.01
An-Nahidl, N. A. (2018). Pendalaman Ilmu Agama dan Pengembangan Keterampilan di PP. Ath-Thohariyyah-Pandeglang. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.500
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). Jakarta: Rineka Cipta.
Bani, S. (2015). Kontribusi Pesantren dalam Sistem Pendidikan Nasional. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 264–273.
Bawani, I. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Sidoarjo: Khazanah Ilmu.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). California: Sage Publications.
Dhofier, Z. (2015). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Haederi, M. A. (2006). Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press.
Ma’arif, S. (2015). Pesantren Inklusif Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Madjid, N. (2010). Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Dian Rakyat dan Paramadina.
Nawali, A. K. (2018). Dampak Penerapan Kurikulum Kementerian Agama dan Kurikulum Pesantren Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta 1. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(1), 13–31. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i1.1145
Noor, M. (2006). Potret Dunia Pesantren: Lintasan Sejarah, Perubahan dan Perkembangan Pondok Pesantren. Bandung: Humaniora.
Pasaribu, A. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional di Madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 12–34.
Republik Indonesia. (1989). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Republik Indonesia. (2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Kemenag.
Rofiq, Ahmad, NU/Pesantren dan Tradisi Pluralisme dalam Konteks Negara-Bangsa, dalam Suaedy, A., ed. (2006). Pergulatan Pesantren dan Demokrasi. Jakarta: P3M dan LKiS.
Saifuddin, A. (2015). Eksistensi Kurikulum Pesantren dan Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 207–234. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.207-234
Siregar, M. K. (2018). Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama dan Tarikan Modernisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2263
Sudarto. (2007). Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparjo. (2017). Relasi Kiai-Santri di Pesantren Futuhiyyah, Demak. IBDA’: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 15(2), 192–214. https://doi.org/10.24090/IBDA.V15I2.1335
Wahid, A. (2010). Menggerakkan Tradisi: Esai-esai Pesantren. Yogyakarta: LKiS.