Tantangan Madrasah Daerah 3T dalam Menghadapi Masyarakat 5.0
DOI:
https://doi.org/10.22515/attarbawi.v8i2.7831Keywords:
Madrasah, Society 5.0, 3T Region, Frontier regionAbstract
Downloads
References
Ammy, P. M., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). 1.
Anugraheni, I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Bilangan Bulat Berbasis Media Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 276–283. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2019.V9.I3.P276-283
Arkiang, F. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Daerah 3t (Nusa Tenggara Timur). Jurnal Pendidikan, 12(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31258/Jp.12.1.57-64
Ashadi, N. R., & Suhaeb, S. (2020). Hubungan Pemanfaatan Google Classroom Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Ptik Pada Masa Pandemi. 17(2).
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru Tk Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.579
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference On Islamic Education And Social Science, 1(2), Article 2.
Daffa Faqiha Fawwaz Hanjowo, M., Athahirah, N., Febrianto Saputra, R., Al-Farisi, S., & Wijaya Abdul Rozaq, R. (2023). Peran Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Etnik: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(5), 423–428. Https://Doi.Org/10.54543/Etnik.V2i5.190
Falah, A. I., & Hadna, A. H. (2022). Problematika Pendidikan Masa Pandemi Di Indonesia Pada Daerah 3-T (Terluar, Tertinggal, Dan Terdepan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V7i2.2997
Firdaus, F., Sulfasyah, S., & Nur, H. (2019). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(1), 33–43. Https://Doi.Org/10.26618/Equilibrium.V6i1.1796
Fisoma, Y. (2023). Lalu Lintas Liwa-Krui Kembali Normal, Listrik Masih Padam. Lampost. Https://Www.Lampost.Co/Berita-Lalu-Lintas-Liwa-Krui-Kembali-Normal-Listrik-Masih-Padam.Html
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming For A New Human-Centered Society.
Ganefri, G., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Prasetya, F., Fadillah, R., & Firdaus, F. (2019). Mini Server Lentera Sebagai Alternatif Pembelajaran Digital Di Daerah 3t. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.24036/Tip.V12i2.243
Hamalik, O. (2008). Psikologi Belajar Dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Harun, S. (2021). Pembelajaran Di Era 5.0.
Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.46367/Iqtishaduna.V8i2.170
Koesnandar, A. (2018). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Berbasis Tik Pada Sekolah Di Daerah 3t Papua Dan Papua Barat Melalui Pendampingan Jarak Jauh. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 177–198. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V6n2.P177--198
Lafendry, F. (2020). Kualifikasi Dan Kompetensi Guru Dalam Dunia Pendidikan. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 3(3), Article 3.
Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 870–877. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.800
Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. 1(2).
Marisa, M. (2020). Curriculum Innovation “Independent Learning” In The Era Of Society 5.0. 4.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.
Muhajir, M. (2020). Pembelajaran Daring Di Era Covid-19: Kesenjangan Digital, Sistem Kompetisi, Dan Model Pendidikan Yang Manusiawi. Mimikri, 6(2), Article 2.
Mulyasa, H. E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Muskania, R., & Ms, Z. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan Di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.29407/Jpdn.V6i2.15298
Nopriadi. (2023). Listrik Sebagian Wilayah Lampung Barat Dan Pesisir Barat Padam, Kemungkinan Baru Normal Malam Ini. Radar Lampung. Https://Radarlampung.Disway.Id/Read/680962/Listrik-Sebagian-Wilayah-Lampung-Barat-Dan-Pesisir-Barat-Padam-Kemungkinan-Baru-Normal-Malam-Ini
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Ipa Di Smp N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative : Journal Of Educational Studies, 4(2), 121. Https://Doi.Org/10.30983/Educative.V4i2.2340
Perpres Nomor 63 Tahun 2020.Pdf. (T.T.).
Setyowati, L., & Ahmad, D. N. (2021). Pemanfaatan Big Data Dalam Era Teknologi 5.0. Abdine: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.52072/Abdine.V1i2.205
Siska, F., & Rudagi, R. (2021). Analisis Ketimpangan Pendidikan Pada Masa Covid-19 Di Nagari Sisawah Kabupaten Sijunjung. Al Ma’arief : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.35905/Almaarief.V3i1.2032
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya, 4(3).
Sujatmoko, E. (2010). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Konstitusi, 7(1).
Ulfiaturrohmah, N., Hargianti, N. ’Alimatul, & Diantoro, F. (2021). Peran Tri Pusat Pendidikan Dalam Menghadapi Problematika Pembelajaran Daring Di Daerah 3t. Istighna: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.33853/Istighna.V4i2.111
Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss Sebagai Dampak Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Best Journal (Biology Education, Sains And Technology), 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.30743/Best.V5i1.5144