KONSEP PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF BERDASARKAN INDEKS DESA ZAKAT DI DESA CUPAK, KABUPATEN JOMBANG

Authors

  • Tri Wahyuningsih Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah Jombang, Indonesia
  • Arivatu Ni’matiRahmatika Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah Jombang, Indonesia
  • Ashlihah Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22515/finalmazawa.v1i2.2810

Abstract

Desa Cupak merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang yang memiliki potensi alam dan hasil pertanian yang baik namun masih masuk desa tertinggal. Desa Cupak merupakan desa yang berada di Gunung Pucangan, dengan panorama alam sejuk dan peninggalan situs sejarah yang menjadi ciri khas desa ini. Peneliti tertarik untuk menganalisis bentuk tawaran konsep yang tepat untuk diterapkan di Desa Cupak sesuai dengan latar belakang masyarakat menggunakan instrumen BAZNAS dalam program Zakat Community Development, yang merupakan program dengan tujuan  untuk membantu masyarakat desa dalam meningkatkan kesejahteran secara material dan spiritual dengan menggunakan IDZ. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksploratif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif . Data-data dikumpulkan dengan cara survei secara langsung, serta wawancara yang didapat dari narasumber yang memahami keadaan Desa Cupak. Dan data hasil perhitungan IDZ dari skripsi yang dilakukan peneliti di Desa Cupak mendapatkan nilai sebesar 0,15 yang mengambarkan keadaan Desa Cupak tidak baik dan sangat diprioritaskan untuk dibantu. Tawaran konsep yang tepat diterapkan adalah program Qardh al-hasan petani dan program Qard al-hasan UKM, dimana kedua program tersebut sesuai dengan hasil perhitungan Indeks Desa Zakat (IDZ) melalui survey langsung dengan perangkat Desa Cupak dan masyarakat, sehingga tawaran konsep tersebut tepat diaplikasikan.

References

Direktorat Pemberdayaan Zakat. 2011. Manajemen Pengelolaan Zakat, Jakarta: Kementrian Agama RI.

Elman Syaipudin. 2011. Strategi penyaluran dana zakat BAZNAS melalui program pemberdayaan ekonomi. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muhammad dan Ridwan , Mas'ud. 2005. Zakat dan kemiskinan instrumen pemberdayaan ekonomi umat. Yogyakarta: UII Press.

Muhammad, Thoriqudin . 2011. Pengelolaan Zakat Produktif Perspekif Maqasid Al- Syariah Ibnu Asyur. Malang: Pers UIN MALIKI.

Pusat Kajian Strategis BAZNAS. 2017. Indeks Desa Zakat. Jakarta Pusat : Pusat Kajian Stategis BAZNAS.

Pusdaristina, Yevinta. 2016. Pemberdayaan masyarakat melalui program simpan pinjam tanpa bunga dalam meningkatkan pendapatan kelompok belajar usaha binaan PKBM Sanggar Belajar Yalatif Jombang. Skripsi. UNESA Surabaya.

Downloads

Published

2020-11-16

Issue

Section

Articles

Citation Check