The Indonesian grammatical interference in daily Arabic conversation by the students of the Al-Munawwarah Islamic Boarding School, Jombang
التدخّل النحوي والصرفي للغة الإندونسية في محادثة اللغة العربية اليومية لدى طلبة معهد المنورة الإسلامية جومبانج
DOI:
https://doi.org/10.22515/allais.v1i2.5662Keywords:
interference, gramatical, arabic speakingAbstract
Di antara problematika yang dihadapi para pembelajar bahasa Arab adalah sulitnya melepaskan diri dari kuatnya pengaruh bahasa Ibu dalam menggunakan bahasa Arab. Problematika ini menjadikan penuturan berbahasa Arab menjadi seperti berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk interferensi bahasa yang terjadi dikalangan para santri di Pondok Pesantren Al-munawaroh Jombang. Sebagai penelitian kualitatif dengan jenis desain deskriptif, penelitian ini difokuskan terhadap data-data berupa tuturan para santri yang diperoleh melalui observasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode padan intralingual. Hasil yang menunjukkan bahwas interferensi bahasa Indonesia yang terjadi pada dialog para santri Pondok Pesantren Al-Munawaroh meliputi interferensi sintaksis dan morfologi. Interferensi sintaksis terjadi pada 4 aspek, yaitu interferensi aspek introgatif, aspek frasa nomina non adjektif, dan aspek frasa nomina adjektif. Sementara interferensi morfologi terjadi pada 3 aspek, yaitu interferensi aspek kala, interferensi aspek perubahan verba berdasarkan nomina, dan interfernsi aspek jamak.
Downloads
References
al-Hamadiy, Y., as-Syanawiy, M., & Atha, M. S. (1994). القواعد الأساسية في النحو والصرف لطلاب المرحلة الثانوية. al-Hai’ah al-Ammah li Syu’un al-Muthabi’ al-Amiriyyah.
Ala, M. M., Miftahuddin, A., & Qutni, D. (2019). Interferensi Fonologis Dan Gramatikal Siswa Kelas Vii MtsN 1 Kudus Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Sosiolinguistik). Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 8(1), 84–94.
Alwasilah, C. (1985). Beberapa madhab dan dikotomi teori linguistik. Angkasa.
Amatullah, M. N., & Aziza, L. F. (2020). Interferensi Bahasa Indonesia Dalam Bahasa Arab: Kasus Pada Kesalahan Berbahasa Siswa Kelas X Man 1 Sragen. Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 3(1), 47–60. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v3i1.23913
Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. PT. Rineka Cipta.
Jauhar, N. I. (n.d.). Uslub-Uslub Nahwu Jilid 1.
Mahbubah, S., & Muflihah. (2021). Bentuk-Bentuk Interferensi Sintaksis Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Arab Pada Naskah Soal MFQ MTQ Nasional XXVI. Studi Arab, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.35891/sa.v12i1.2541
Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Dan Tekniknya. PT. Raja Grafindo Persada.
Mesthrie, R. (2001). Concise Encyclopedia of Sociolinguistics. Elsevier Science.
Muhammad Ibrohim Al-Abalkhi. (n.d.). Asalibul Istifham fil Bahtsil Balaghi Wa Asroriha Fi Al-Qur’anil Kariim. Al Jami’ah Al Islamiyyah Al Alamiyyah Bi Islam Abad - Bakistan.
Muliansyah, A., & Baroroh, R. U. (2020). Interferensi Gramatika Maharah Kitabah dan Penyebabnya Pada Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 37. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1289
Nashoih, A. K. (n.d.). POLA INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA ARAB PADA INSYA’ MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB. 14.
Nashoih, A. K., & Darmawan, M. F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Nahwu Berbasis Kontrastif Untuk Mengatasi Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 335. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.1008
Natsir, M., & Rahmawati, A. (2018). BENTUK INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM BERBAHASA ARAB. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1(2). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i2.5416
Ni‘mah, fuad. (n.d.). Mulakhkhas Qawâ‘id al-Lugah al-‘Arabiyyah. Nahdlatu Mishr.
Nisa’, D. K., & Ni’mah, J. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MAHĀRAH AL-KITĀBAH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB STAI ATTANWIR BOJONEGORO. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1241
Romadhon, I. F., Ishaq, D. M., & Yasin, H. (2022). تحليل األخطاء النحوية في كلام طلبة الماجستير لقسم تعليم اللغة العربية جامعة مالانج الحكومية. Mudalla: Proceeding International COnference on Arabic Language, 2(1), 141–157.
Seff, F. M., & Mukhtar, M. (2018). المحادثة اليومية والتدخل لغة الأم فيها. الملتقى العلمي العالمي الحادي عشر للغة العربية, 1055–1072.
Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Zakiyudin, M. H., Mukarromah, I., & Hasan, N. (2022). Al-Khata’ Al-Lughawy: Al-Tadakhul fi Al-Ta’bir Al-Syafawi lada Al-Thullab bi Markaz Al-Lughah Al-Arabiyyah fi Ma’had al-Qadiry Al-Islamiy Jember. Fashohah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 18–27.
Downloads
Published
Versions
- 2022-12-30 (2)
- 2022-12-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 ALLAIS Journal of Arabic Language and Literature

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.