Warisan Al-Attas: Menghidupkan Kembali Islamisasi Ilmu untuk Pendidikan Masa Depan
DOI:
https://doi.org/10.22515/attarbawi.v9i2.10261Keywords:
Islamisation of Science, Modern Islamic Education, Syed Muhammad Nauqib Al-AttasAbstract
Downloads
References
Abdul Ghoni. (2005). PEMIKIRAN PENDIDIKAN NAQUIB AL-ATTAS : Aktualisasinya dalam Konteks Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Lentera, 3(1), 196–211. https://media.neliti.com/media/publications/177271-ID-pemikiran-pendidikan-naquib-al-attas-dal.pdf
Al-Attas, S. M. N. (1992). Konsep Pendidikan Dalam Islam (Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam) terj Haidar Bagir. Mizan.
Al-Attas, S. M. N. (2011). Islam Dan Sekularisme. Institus Pemikiran Islam dan Pembangunan (PIMPIN).
Al-Attas, S. M. N. (2013). Islam Faham dan Asas Akhlak. Islamic Banking And Finanace Intitute Malaysia (IBIFM).
Al-Faruqi, I. R. (2003). Islamisasi Pengetahuan. Penerbit Pustaka.
Bagir, H. (2021). Mengenal Filsafat Islam (Pengantar Filsafat yang Ringkas, Menyeluruh, Praktis, dan Transformatif). Mizan.
Daud, W. M. N. W. (2003). Filsafat Dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Nauqib Al-Attas. Mizan.
Effendi, Z. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Naquib Al-Attas. Waraqat, II(2), 121–134. https://doi.org/doi.org/10.51590/waraqat.v2i2.61
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research (Edisi Revisi). CV Literasi Nusantara.
Harahap, S. (2006). Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam. Istiqamah Mulya Press.
Hartono, H. (2018). Menuju Modernisasi Pendidikan Islam. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(3), 185. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.276
Huda, D. R. N., Rifa’i, A. N. R., Nindiasari, D. N., Pratama, D. F. N. P., & Khoiriyah, A. H. K. (2023). Pendidikan Islam Tradisional Dan Modern. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 15(2), 262–272. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i2.949
Iqbal, A. M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam (Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim). Pustaka Pelajar.
Mulyadi. (2015). Studi Pemikiran Pendidikan Islam Modern. Jurnal Fikroh, Vol. 8. No(3), 1–14. https://doi.org/10.37812/fikroh.v8i2.4
Nanu, R. P. (2021). Pemikiran Syed Naquib Al Attas Dalam Pendidikan Modern. Tarbawi, 6(02), 14–29. https://doi.org/doi.org/10.26618/jtw.v6i01.3436
Nuryanti, M., & Hakim, L. (2020). Pemikiran Islam Modern Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 22(1), 73. https://doi.org/10.22373/substantia.v22i1.5531
Puspitasari, E., & Yuliana, A. T. R. D. (2022). Syed Muhammad Naquib al-Attas’ Concept of Islamizing Science and its Relevance to Islamic Education. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 10(2), 91–108. https://doi.org/10.26555/almisbah.v10i2.6484
Rahman, R., & Muslina. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Syekh Muhammad Naquib. Al-Kawakib, 2(1), 55–63. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/kwkib.v2i1
Sassi, K. (2018). Ta ’ Dib As A Concept Of Islamic Education Purification : Study On The Thoughts Of Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Journal of Malay Islamic Studies, 2(1), 53–64. https://doi.org/doi.org/10.19109/JMIS.v2i1.2541
Suharni, S. (2015). Westernisasi Sebagai Problema Pendidikan Era Modern. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 1(1), 73–88. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v1i1.255
Yuniawati, P. R. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan (Library Research). Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan di Lingkungan Dosen FKIP.
Yuwono, A. A. (2023). Pemikiran Pendidikan Islam Modern Syed Muhammad An-Nauqib Al-Attas Skripsi. In IAIN Surakarta Repository. UIN Raden Mas Said Surakarta.