Modernisasi Pendidikan Islam di Minangkabau: Studi tentang Interaksi dengan Pan-Islamisme (1909-1945)
DOI:
https://doi.org/10.22515/attarbawi.v9i2.10955Keywords:
Pan-Islamism, Modernization of Islamic Education, MinangkabauAbstract
Downloads
References
Adam, A. (1982). The Vernacular Press and the Emergence of National Consciousness in Indonesia. Jebat, 1981–2 (11).
Al-Momani, N. (2021). Harakah Al Suhyuniyah wa Filisthin fil Al ‘Alam AL ‘Arabi Bina ‘Am 1897-1914. Journal of Islamicjerusalem Studies, 21(1). https://doi.org/10.31456/beytulmakdis.848923
Amaliyah, A. R. (2021). Pemikiran Mahmud Yunus (1899-1982) Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam dan Relevansinya Dengan Tantangan Era Industri 4.0. In Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Amir, A. N. (2021). Pengaruh Muhammad Abduh di Kepulauan Melayu-Indonesia. Kodifikasia, 15(2). https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v15i2.2866
Bistara, R. (2020). Jejaring Ulama Nusantara dengan Timur Tengah Abad XVII dan XVIII (Studi Pemikiran Azyumardi Azra). Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 8 (3). https://doi.org/10.52802/amk.v8i3.263
Hidayat, F. (2024). Karakteristik Pendidikan dan Ilmuwan Muslim Periode Keemasan 750-950 M. In IQRO: Journal of Islamic Education Juli-2024 (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.24256/iqro.v7i1.5267
Hidayat, F. (2023). Biografi Intelektual dan Kiprah Kiai Haji Saifuddin Zuhri dalam Pengembangan Perguruan Tinggi Agama Islam 1962-1967 Intellectual Biography and Progress of Kiai Haji Saifuddin Zuhri in the Development of Islamic Higher Education 1962-1967. 1(1), 71–79.
Hidayat, F., Rohman. (2024). The Contribution of the Jawi Script to the Modernization of Islamic Education in Minangkabau: A Case Study of Al-Munir Magazine. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/ichss.vi
Karel A, S. (1991). Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen. In LP3ES: Vol. (Issue).
Khiyaroh, A. (2023). Pengaruh Gerakan Pan-Islamisme Jamaluddin Al-Afgani Terhadap Semangat Juang Umat Islam Di Berbagai Negara. Fahima: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 2(1).
Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Jurnal Ilmu Sejarah dan Kebudayaan.
Rusli, R., & Muhtadi, F. (2021). Sejarah Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Minangkabau pada Awal Abad XX. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1). https://doi.org/10.15548/thje.v3i1.2946
Saharman, S. (2017). Sejarah Pendidikan Islam di Minangkabau. Majalah Ilmiah Tabuah: Ta`limat, Budaya, Agama Dan Humaniora, 21(2). https://doi.org/10.37108/tabuah.v21i2.68
Sarwan, S. (2019). Al-Munir (1911-1916). Al-Munir : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.350
Soehadha, M. (2017). Struggle For Identity and Social Image of Haji: Study on Life History of Social Construction of Haji in Sasak Community, Lombok, NTB. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 18 (1). https://doi.org/10.14421/esensia.v18i1.1466
Sunarti, S. (2020). Suara-Suara Islam dalam Surat Kabar dan Majalah Terbitan Awal Abad 20 di Minangkabau. Buletin Al-Turas, 21(2). https://doi.org/10.15408/bat.v21i2.3839
Supratman, F. R. (2016). Before the ethical policy: The ottoman state, pan-islamism, and modernisation in Indonesia 1898-1901. Al-Jami’ah, 54(2). https://doi.org/10.14421/ajis.2016.542.447-475
van Deventer. (1899). De Gids. Jaargang 63 bron. https://www.dbnl.org/tekst/_gid001189901_01/colofon.php
Zahra, N., & Fatimah, F. (2023). Konsep PAN-islamisme menurut pemikiran Jamaluddin Al-Afghani dalam perkembangan partai politik di Indonesia. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.29210/1202322802