Hubungan Interaksi Edukatif dengan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020

Main Article Content

Bekti Ayu Ariastuti

Keywords

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) interaksi edukatif kelas tinggi dalam kegiatan pembelajaran matematika; 2) minat belajar matematika siswa kelas tinggi; 3) hubungan antara interaksi edukatif dengan minat belajar matematika siswa kelas tinggi  di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten pada Semester Genap Tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi di SD Muhammadiyah Polanharjo sejumlah 88 siswa. Sampel sejumlah 72 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Pengambilan sampel dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Tingkat interaksi edukatif termasuk kedalam kategori baik yaitu sebesar 57%; 2) Minat belajar matematika siswa diperoleh persentase 65 % dengan kategori baik; 3) Berdasarkan hasil uji korelasi dengan rhitung = 0,509, rtabel = 0,227, maka diperoleh rhitung >rtabel. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara interaksi edukatif dengan minat belajar matematika siswa kelas tinggi di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten tahun pelajaran 2019/2020.

References

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Daniyati, N. A., & Sugiman, S. (2015). Hubungan antara kemampuan verbal, kemampuan interpersonal, dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 50-60.
Febriyanti & Seruni. (2014). Peran minat dan interaksi siswa dengan guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Formatif, 4 (3): 245-254.
Fitriyani, R. (2019). Hubungan minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 1 karanganom. ABSIS: Mathematics Education Journal, 1(1).
Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Haryati, N. (2015). Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas v sd se-gugus wonokerto turi sleman tahun ajaran 2014/2015. Basic Education, 4(13).
Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).
Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 451-457.
Kompri. (2017). Belajar, Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Lase, S. (2018). Hubungan Antara Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Warta Edisi, 56, 1-829.
Lestari, I. (2013). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif, 3 (2):115-125.
Mutakin, TZ dan Teti, S. (2011). Pengaruh penggunaan media belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif, 1 (1):70-81.
Putri, F. D. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus Mawar Metro Pusat.
Rahma, H. A., & Ardani, A. (2018). Pengaruh interaksi edukatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 81-89.
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo, 5(2), 400-405.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (2019). Hubungan minat dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VI SDN 25 Jati Tanah Tinggi. Jurnal Basicedu, 3(2), 397-405.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematik siswa madrasah tsanawiyah melalui pembelajaran generatif. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2 (2).
Susintoi. (2019). Hubungan antara disiplin, mandiri, interaksi edukatif dan minat belajar dengan hasil belajar matematika di sekolah dasar. Tesis. FKIP, Universitas Tanjungpura.
Turmudi. (2012). Matematika landasan filosofis, didaktis, dan pedagogis pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia.
Widiyawati, R. (2013). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013. SKRIPSI, Jurusan Matematika-Fakultas MIPA UM.